Alasan Indonesia Menjadi Pusat Jalur Lalu Lintas Dunia

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
27 Desember 2022 18:52 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Mengapa Indonesia menjadi pusat jalur lalu lintas dunia (Foto: Z | Unsplash.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Mengapa Indonesia menjadi pusat jalur lalu lintas dunia (Foto: Z | Unsplash.com)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Indonesia adalah negara yang terletak di Asia Tenggara. Negara kita ini berbentuk kepulauan yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Indonesia dikatakan sebagai negara yang menjadi pusat jalur lalu lintas dunia. Mengapa Indonesia menjadi pusat jalur lalu lintas dunia?
ADVERTISEMENT
Hal tersebut berhubungan dengan letak geografis Indonesia. Untuk lebih lengkapnya, simak artikel berikut ini ya!

Mengapa Indonesia Menjadi Pusat Jalur Lalu Lintas Dunia?

Ilustrasi Mengapa Indonesia Menjadi Pusat Jalur Lalu Lintas Dunia (Foto: Henrik | Unsplash.com)
Tahukah kalian di mana posisi Indonesia? Dikutip dari Geografi dan Sosiologi 2 SMP Kelas VIII oleh Sugiharyanto (2006:3), Indonesia terletak di antara 2 benua, yaitu benua Australia dan benua Asia, serta terletak di antara 2 samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.
Jadi, bisa dibilang Indonesia terletak pada posisi silang dunia (world cross position). Posisi ini menjadikan Indonesia sebagai pusat jalur lalu lintas dunia.
Berikut ini posisi geografis Indonesia berdasarkan batas negaranya yang dijelaskan oleh Kurnia dalam IPS 2A SMP/MTs Kelas VIII (2007):
ADVERTISEMENT
Letak geografis merupakan letak suatu negara dilihat dari kenyataan di permukaan Bumi. Indonesia yang berada pada posisi silang dunia ini sangat strategis dan memiliki pengaruh besar bagi kehidupan masyarakatnya. Beberapa pengaruh letak geografis Indonesia adalah:
ADVERTISEMENT

Letak Astronomis Indonesia

Letak astronomis merupakan letak suatu daerah atau negara berdasarkan garis-garis bujur dan garis-garis lintang. Garis bujur adalah garis setengah lingkaran yang membujur dari kutub utara ke kutub selatan, sedangkan garis lintang adalah garis lingkaran yang sejajar dengan khatulistiwa.
Letak astronomis Indonesia adalah di antara 6°LU - 11°LS dan 95°BT - 141°BT.
Demikian penjelasan alasan mengapa Indonesia menjadi pusat jalur lalu lintas dunia. Indonesia diuntungkan dengan letak geografis ini, sehingga kita harus bisa memanfaatkannya dengan maksimal. (KRIS)