Alasan Mengapa Kita Harus Melakukan Sujud Syukur

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
21 November 2023 20:49 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Mengapa Kita Harus Melakukan Sujud Syukur, Foto: Unsplash/Hiraman.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Mengapa Kita Harus Melakukan Sujud Syukur, Foto: Unsplash/Hiraman.
ADVERTISEMENT
Ketika terhindar dari suatu musibah atau bahaya, biasanya umat muslim melakukan sujud syukur. Alasan mengapa kita harus melakukan sujud syukur salah satunya sebagai bentuk rasa syukur yang mendalam.
ADVERTISEMENT
Sujud syukur dapat dilakukan sewaktu-waktu dan secara spontan. Mayoritas ulama berpendapat bahwa sujud sah walaupun dilakukan tanpa berwudhu.

Mengapa Kita Harus Melakukan Sujud Syukur?

Ilustrasi Mengapa Kita Harus Melakukan Sujud Syukur, Foto: Unsplash/Hiraman.
Dikutip dari buku Sujud Syukur karya Yusuf bin Abdul Aziz Ath-Thuraifi (2020), pertanyaan mengapa kita harus melakukan sujud syukur, bisa dijawab melalui definisi sujud syukur sendiri.
Sujud syukur adalah rasa terima kasih kepada Allah Swt. karena memperoleh nikmat dari-Nya atau karena terhindar dari bahaya atau musibah.
Sujud syukur dilakukan saat hati dan pikiran menyadari betapa besar nikmat yang dianugerahkan oleh Allah Swt. Sujud syukur juga bisa dilakukan karena terhindar dari bahaya kesusahan yang besar.
Bahkan sujud syukur dapat dilakukan saat melihat penderitan orang lain dengan membandingkan penderitaan itu terhadap keadaan yang dialami.
ADVERTISEMENT
Seperti sebuah Sabda Rasulullah Saw.,
فَعَنْ أَن بَكْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا أَتَاهُ أَمْرٌ يَسُرُّهُ اوبُشِّرَ بِهِ خَرَسًا حِدَّ اشْكْر اللَّهِ تَعَالَى. (رواه ابوداود وابن ماجة والترمذي وحسنة)
Artinya: "Dari Abu Bakrah r.a. bahwa Nabi saw. apabila mendapat sesuatu yang disenangi atau diberi kabar gembira, segeralah beliau tunduk bersujud sebagai tanda syukur kepada Allah Ta'ala." (H.R. Abu Dawud, Ibnu Majah dan Tirmidzi yang menganggapnya sebagai hadis hasan)
Nabi Muhammad Saw. dan pra sabahat juga melakukan sujud syukur. Alasannya adalah sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
Ulama mazhab Syafiah dan Hambaliah berpendapat, bahwa hukum sujud syukur adalah sunnah. Hal ini sesuai dengan bunyi Hadits Rasullulah Saw. yang artinya:
“Dari Abi Bakrah ia berkata: bahwasannya Nabi Muhammad Saw. apabila mendapatkan sesuatu yang disenangi atau diberi kabar gembira, segeralah tunduk dan sujud sebagai tanda syukur kepada Allah Swt.” (HR. Abu Daud, Ibnu Majjah dan At-Tirmidzi).
Demikian alasan mengapa kita harus melakukan sujud syukur. Sujud syukur sebagai bentuk berterima kasih kepada Allah Swt. atas segala nikmat yang diberikan-Nya. (Umi)