Alasan Mengapa Kita Perlu Mengadakan Kolaborasi Budaya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
12 Januari 2024 17:29 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Mengapa Kita Perlu Mengadakan Kolaborasi Budaya. Sumber Unsplash/Fairuz Zaki
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Mengapa Kita Perlu Mengadakan Kolaborasi Budaya. Sumber Unsplash/Fairuz Zaki
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mengapa kita perlu mengadakan kolaborasi budaya? Sebagian siswa kelas 10 belum berhasil menemukan jawaban untuk soal PPKN ini.
ADVERTISEMENT
Kolaborasi adalah kegiatan bekerja sama untuk melakukan sesuatu. Pada kolaborasi budaya, kerjasama dilakukan antar budaya daerah yang berbeda-beda.

Mengapa Kita Perlu Mengadakan Kolaborasi Budaya? Simak Alasan Berikut

Ilustrasi Mengapa Kita Perlu Mengadakan Kolaborasi Budaya. Sumber Unsplash/Muhammad Arief
Indonesia sebagai bangsa majemuk dengan kekayaan seni dan budaya, memerlukan lebih banyak lagi kolaborasi budaya. Berikut adalah alasan mengapa kita perlu mengadakan kolaborasi budaya yang berbeda-beda.
ADVERTISEMENT

Mengenal Bentuk Kolaborasi Budaya di Sekolah

Ilustrasi Mengapa Kita Perlu Mengadakan Kolaborasi Budaya. Sumber Unsplash/Fairuz Zaki
Ada berbagai bentuk kolaborasi yang dapat dilakukan dalam rangka pengembangan budaya di Indonesia. Berdasarkan Buku Rekayasa Sosial Modal Pendidikan Karakter, Nurul Zuriah (2017:63), bentuk kolaborasi budaya antara lain sebagai berikut.

1. Pembelajaran

Pembelajaran dapat dilakukan dengan bekerja sama memanfaatkan sumber-sumber yang ada di lingkungan, seperti museum, cagar budaya, atau sanggar seni.
Satuan pendidikan juga dapat bekerja sama dengan kelompok hobi dan komunitas budaya untuk memperkenalkan kekayaan-kekayaan koleksinya.
Tujuan pembelajaran adalah mengajak peserta didik untuk mempelajari kekayaan daerahnya dan mampu menjaga kekayaan warisan budaya yang mereka miliki.

2. Mentoring

Kolaborasi dan kerja sama budaya dapat dilakukan melalui program mentoring, tutoring, diskusi budaya, atau belajar bersama maestro atau para ahlinya.
ADVERTISEMENT

3. Kelas Inspirasi

Sekolah dapat mengundang narasumber dari kalangan orang tua maupun tokoh masyarakat setempat. Orang tua dan tokoh-tokoh masyarakat bisa menjadi sumber terbaik dalam kolaborasi budaya.
Mengapa kita perlu mengadakan kolaborasi budaya? Kolaborasi budaya merupakan salah satu cara dalam melestarikan dan mengelola keberagaman budaya di Indonesia. (DK)