Alasan Pancasila Merupakan Ideologi Paling Tepat bagi Bangsa Indonesia

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
5 November 2023 20:15 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Jelaskan Mengapa Pancasila Merupakan Ideologi yang Paling Sesuai dan Tepat Bagi Bangsa Indonesia Jika Dibandingkan dengan Ideologi Liberalisme dan Sosialisme. Sumber: Unsplash/Mufid Majnun
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Jelaskan Mengapa Pancasila Merupakan Ideologi yang Paling Sesuai dan Tepat Bagi Bangsa Indonesia Jika Dibandingkan dengan Ideologi Liberalisme dan Sosialisme. Sumber: Unsplash/Mufid Majnun
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jelaskan mengapa Pancasila merupakan ideologi yang paling sesuai dan tepat bagi bangsa Indonesia jika dibandingkan dengan ideologi liberalisme dan sosialisme! Hampir semua negara menganut ideologi yang berbeda dengan negara lainnya.
ADVERTISEMENT
Suatu ideologi digunakan di suatu negara karena dianggap sesuai dengan kondisi negara dan bangsa tersebut. Terdapat beberapa ideologi yang ada di dunia dan Indonesia menganut ideologi Pancasila.

Pancasila Merupakan Ideologi yang Paling Sesuai dan Tepat Bagi Bangsa Indonesia Jika Dibandingkan dengan Ideologi Liberalisme dan Sosialisme!

Ilustrasi Jelaskan Mengapa Pancasila Merupakan Ideologi yang Paling Sesuai dan Tepat Bagi Bangsa Indonesia Jika Dibandingkan dengan Ideologi Liberalisme dan Sosialisme. Sumber: Unsplash/Christin Hume
Jelaskan mengapa Pancasila merupakan ideologi yang paling sesuai dan tepat bagi bangsa Indonesia jika dibandingkan dengan ideologi liberalisme dan sosialisme! Mengutip dari Mengenal Ideologi Negara, Tyas (2020:1), kata ideologi berasal dari bahasa Yunani, yakni idea dan logos.
Idea berarti mengetahui pikiran, melihat dengan budi. Sedangkan, logos diartikan sebagai gagasan, pengertian, kata, dan ilmu. Jadi, ideologi berarti kumpulan ide atau gagasan, pemahaman, pendapat, atau pengalaman.
Ideologi dibagi menjadi beberapa tipe seperti ideologi Pancasila, liberalisme, dan sosialisme. Dikutip dari Psikotes Calon Pegawai Negeri & Swasta, Amien (2020:282), ideologi Pancasila merupakan ajaran yang tersusun sistematis dan diyakini kebenarannya karena didasarkan pada nilai-nilai Pancasila.
ADVERTISEMENT
Ideologi Pancasila memiliki beberapa ciri seperti berikut.
Adapun ideologi liberalisme merupakan ideologi yang mengedepankan hak individu. Segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara harus mengutamakan kebebasan individu. Ideologi ini juga memiliki beberapa ciri seperti.
Sedangkan, ideologi sosialisme tujuannya adalah untuk menciptakan masyarakat yang faktor-faktor produksinya bersifat kolektif. Pada ideologi ini, produksi tidak dikuasai oleh individu atau swasta. Tujuan utama ideologi ini adalah untuk meraih kesejahteraan bersama.
Ideologi Pancasila dianggap paling sesuai dan tepat untuk bangsa Indonesia karena ideologi ini menganut prinsip kebebasan yang bertanggung jawab, mengakui hak-hak individu tanpa mengabaikan kepentingan bersama, dan baik masyarakat serta pemerintah memiliki hak dan kewajiban yang diatur dalam UUD 1945 dan Pancasila.
ADVERTISEMENT
Jelaskan mengapa Pancasila merupakan ideologi yang paling sesuai dan tepat bagi bangsa Indonesia jika dibandingkan dengan ideologi liberalisme dan sosialisme! Jawaban dan penjelasan mengenai ideologi tersebut bisa dipelajari agar semakin memahami materi ini. (KRIS)