Konten dari Pengguna

Alasan Permintaan Uang Tunai Mengalami Kenaikan Menjelang Lebaran

Berita Terkini
Penulis kumparan
11 Januari 2024 21:18 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Mengapa Permintaan Uang Tunai Mengalami Kenaikan Menjelang Lebaran. Foto: dok. Unsplash/Alexander Mils
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Mengapa Permintaan Uang Tunai Mengalami Kenaikan Menjelang Lebaran. Foto: dok. Unsplash/Alexander Mils
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mengapa permintaan uang tunai mengalami kenaikan menjelang lebaran? Pertanyaan tersebut menjadi pembahasan yang muncul ketika hari raya Idul Fitri atau yang juga dikenal dengan sebutan lebaran akan dirayakan.
ADVERTISEMENT
Adanya peningkatan permintaan uang tunai menjelang lebaran disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari tingginya harga barang dan kebutuhan menjelang lebaran, hingga kebiasaan memberi THR secara tunai.

Penyebab Permintaan Uang Tunai Mengalami Kenaikan Menjelang Lebaran

Ilustrasi Mengapa Permintaan Uang Tunai Mengalami Kenaikan Menjelang Lebaran. Foto: dok. Unsplash/Alexander Schimmeck
Dikutip dari dalam buku berjudul CCM Cara Cepat Menguasai Ekonomi SMA dan MA Rangkuman Ekonomi SMA MA SBMPTN, Sandra Dyana (2019: 169), permintaan uang adalah kebutuhan masyarakat akan uang tunai untuk menunjang kegiatan ekonominya.
Permintaan uang tunai dapat terjadi dalam momen-momen tertentu, salah satunya adalah saat menjelang lebaran atau hari raya Idul Fitri. Mengapa permintaan uang tunai mengalami kenaikan menjelang lebaran?
Meningkatnya permintaan uang tunai menjelang lebaran dapat disebabkan oleh kenaikan harga barang. Hal ini terjadi sebab adanya peningkatan kebutuhan dan permintaan masyarakat untuk mempersiapkan perayaan lebaran yang terjadi setiap satu tahun sekali.
ADVERTISEMENT
Kebutuhan lebaran tersebut sangat beragam mulai dari kebutuhan makanan, minuman, hingga bahan pokok seperti beras, tepung, dan lain sebagainya.
Tak hanya itu, kebutuhan sandang atau pakaian baru juga ikut meningkat menjelang lebaran karena adanya budaya menggunakan pakaian baru saat lebaran.
Selain itu, kenaikan permintaan uang tunai menjelang lebaran juga dapat disebabkan oleh kebutuhan masyarakat untuk membeli oleh-oleh mudik hingga memberikan THR atau tunjangan hari raya untuk kerabat dalam bentuk uang tunai.
Dengan banyaknya permintaan uang tunai ini juga membuat daya beli masyarakat meningkat sehingga perputaran uang menjelang lebaran menjadi lebih cepat.

Faktor Penyebab Peningkatan Permintaan Uang

Ilustrasi Mengapa Permintaan Uang Tunai Mengalami Kenaikan Menjelang Lebaran. Foto: dok. Unsplash/Colin Watts
Permintaan uang dibahas dalam teori ekonomi yang dikemukakan oleh Keynes. Dalam teori tersebut dijelaskan bahwa kebutuhan masyarakat akan uang tunai yang disebabkan oleh berbagai motif seperti motif transaksi, motif berjaga-jaga, dan juga motif spekulasi.
ADVERTISEMENT
Permintaan uang timbul karena adanya beberapa faktor. Faktor yang memicu peningkatan permintaan uang antara lain:
Penjelasan mengapa permintaan uang tunai mengalami kenaikan menjelang lebaran dapat menambah wawasan masyarakat mengenai penyebab adanya peningkatan permintaan uang tunai di momen tertentu. Semoga bermanfaat. (DAP)