Alasan Uni Soviet Dijuluki Negara Tirai Besi

Konten dari Pengguna
21 September 2022 18:28
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
https://pixabay.com/users/step-svetlana-9822965/ - negara tirai besi adalah julukan bagi negara
zoom-in-whitePerbesar
https://pixabay.com/users/step-svetlana-9822965/ - negara tirai besi adalah julukan bagi negara
ADVERTISEMENT
Dalam catatan sejarah dunia, negara tirai besi adalah julukan bagi negara Uni Soviet. Secara sederhana, sebutan tirai besi digunakan sebagai julukan bagi batas fisik yang memisahkan Blok Timur yang dipimpin oleh Uni Soviet dan ber-ibukota di Moskow (Rusia) dengan Blok Barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat, Inggris dan Perancis.
ADVERTISEMENT

Alasan Negara Tirai Besi adalah Julukan bagi Negara Uni Soviet

Negara tirai besi adalah julukan bagi negara Uni Soviet diawali oleh Perdana Menteri Britania Raya, Winston Churchill pada pidatonya yang berjudul “Sinews of Peace” tahun 1946. Istilah tersebut digunakan tuk menyebut ketertutupan yang dipaksakan oleh Uni Soviet pada pemerintah-pemerintah di Eropa Timur. Sejak itu, istilah Tirai Besi pun populer digunakan di seluruh dunia.

Isi Pidato Sinews of Peace:

"Dari Stettin di Baltik ke Trieste di Adriatik sebuah Tirai Besi telah dibangun sepanjang Benua. Dibelakan garis itu ada ibukota dari negara-negara kuno Eropa Tengah dan Timur. . Warsawa, Berlin, Prague, Vienna, Budapest, Belgrade, Bucharest dan Sofia; semua dari kota terkenak ini berada dalam yang saya harus sebut lingkaran Soviet, dan semuanya adalah subjek, in one form or another (tejadi, tapi entah caranya), bukan hanya jatuh ke pengaruh Soviet tapi juga ke kontrol Moskow."

ADVERTISEMENT
Saat itu, Perdana Menteri Winston Churchill memperingatkan Harry S. Truman, Presiden AS, bahwa Uni Soviet dan sekutunya telah membangun “tirai besi” di sepanjang perbatasan Eropa Barat dengan Eropa Timur sebagai jaminan kontrol Moskow atas teritorial yang ada di belakang tirai tersebut.
Sementara itu, pihak Uni Soviet pun menaruh curiga pada perilaku AS yang tampak ingin menggantikan posisi Inggris sebagai kekuatan kapitalis internasional.
https://pixabay.com/users/oudsidescape-70537/
zoom-in-whitePerbesar
https://pixabay.com/users/oudsidescape-70537/
Konsep Tirai Besi digunakan untuk melambangkan batas-batas ideologi dan fisik yang membagi Eropa ke dalam dua wilayah. Dua wilayah ini menjadi terpisah dari akhir Perang Dunia II pada 1945 sampai dengan akhir Perang Dingin pada 1991. Di tiap sisi Tirai Besi, negara-negara membangun sekutu-sekutu militer dan ekonomi internasional masing-masing:
ADVERTISEMENT
Dua wilayah yang terpecah tersebut adalah:
  1. Di Pihak Timur: Dewan Bantuan Timbal Balik Ekonomi dan Pakta Warsawa dengan Uni Soviet sebagai anggota terpentingnya
  2. Di Pihak Barat dan Selatan: Komunitas Eropa dan Pakta Pertahanan Atlantik Utara dengan Amerika Serikat sebagai kekuatan militer dominannya.
Mengutip dari buku Menembus Tirai Besi, Jilid 1, Taufik Hidayat, konsep Tirai Besi mengambil bentuk pertahanan perbatasan, terutama Tembok Berlin, yang berperan sebagai lambang panjang Tirai secara keseluruhan.
Negara tirai besi adalah julukan bagi negara Uni Soviet. Kemudian, karena Rusia adalah suksesor dari Uni Soviet yang runtuh pada 1991, julukan tirai besi yang dulunya merujuk pada Uni Soviet dengan ibukotanya Moskow, ternyata masih sering digunakan untuk merujuk Rusia sampai saat ini. (DNR)
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·