News
·
15 Juli 2021 16:51
·
waktu baca 1 menit

Amalan Doa Nabi Khidir yang Perlu Diketahui Umat Muslim

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Amalan Doa Nabi Khidir yang Perlu Diketahui Umat Muslim (420038)
searchPerbesar
Ilustrasi memanjatkan doa nabi Khidir. Sumber: Unsplash
Memanjatkan doa serta dzikir secara rutin merupakan ibadah yang mampu mendatangkan banyak fadilah atau keutamaan bagi umat muslim. Adapun jenis doa dan dzikir yang bisa dipanjatkan oleh umat muslim itu sendiri sangatlah beragam. Misalnya saja dengan membaca al-Musabi’atul ‘Usyr, atau amalan doa nabi Khidir.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari Majmu Syarif Kamil: Surat Yasin dan Al Kahfi, Doa-Doa dan Dzikir, Tim Shahih (2016: 154), al-Musabi’atul ‘Usyr merupakan hadiah dari nabi Khidir yang berisi dzikir serta doa-doa yang sangat dianjurkan untuk dibaca umat muslim setiap kali terbit fajar dan sebelum terbenanmnya matahari sebanyak tujuh kali. Adapun keutamaan ataupun fadilah yang bisa didapatkan oleh umat muslim yang gemar mengamalkan doa nabi Khidir tersebut diantaranya:
  • Mendapat pengampunan Allah SWT
  • Dijauhkan dari murka Allah SWT
  • Amal buruknya tidak dicatat oleh malaikat Atid selama setahun
  • Diselamatkan dari nasib buruk dalam hidup
  • Mendapat kebahagiaan

Bacaan Doa Nabi Khidir yang dapat Diamalkan Umat Muslim

Nabi Khidir merupakan salah seorang nabi utusan Allah SWT yang diyakini masih hidup hingga kini dan beliau sendiri diyakini ditugaskan oleh Allah SWT untuk menjaga lautan. Sayangnya riwayat tentang siapa sebenarnya nabi Khidir itu sendiri sangatlah terbatas. Jadi, banyak pula umat muslim yang kurang mengenal sosok nabi Khidir. Meskipun begitu, namun hadiah nabi Khidir yang berupa doa dzikir al-Musabi’atul ‘Usyr itu sendiri tetap dapat diamalkan oleh umat muslim sebagai ibadah untuk meraih rahmat Allah SWT.
ADVERTISEMENT
Amalan doa nabi Khidir atau al-Musabi’atul ‘Usyr pada dasarnya terdiri dari beberapa bacaan alquran yang sudah sangat familiar bagi umat muslim. Adapun doa-doa yang bisa diamalkan sebagai dzikir pagi dan petang tersebut ialah sebagai berikut:
  1. Membaca surat Al Fatihah 7 kali
  2. Membaca surat An Naas 7 kali
  3. Membaca surat Al Falaq 7 kali
  4. Membaca surat Al Ikhlash 7 kali
  5. Membaca surat Al Kafirun 7 kali
  6. Membaca ayat kursi 7 kali
  7. Membaca tasbih 7 kali
  8. Membaca sholawat 7 kali
  9. Membaca istigfar 7 kali
  10. Membaca doa berikut 7 kali
Amalan Doa Nabi Khidir yang Perlu Diketahui Umat Muslim (420039)
searchPerbesar
Itulah beberapa amalan doa nabi Khidir yang dapat diamalkan oleh umat muslim untuk meraih fadilah dan kebaikan dari Allah SWT. Semoga bermanfaat. (HAI)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white