Apa Itu Lembah? Ini Dia Penjelasannya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
10 Maret 2023 17:52 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Apa Itu Lembah. Foto: dok. James Lee (Unsplash.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Apa Itu Lembah. Foto: dok. James Lee (Unsplash.com)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bumi yang merupakan tempat tinggal beragam makhluk hidup rupanya memiliki ragam bentuk alam di dalamnya. Salah satu bentuk keragaman kenampakan alam di bumi adalah adanya lembah. Apa itu lembah? Simak pembahasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.
ADVERTISEMENT

Penjelasan Apa Itu Lembah Lengkap dengan Ciri-cirinya

Keragaman kenampakan alam di bumi menunjukkan bahwa bumi memiliki kekayaan alam yang melimpah. Ada banyak sekali kenampakan alam yang dapat ditemukan di bumi, salah satunya adalah lembah.
Apa itu lembah?
Lembah adalah suatu wilayah bentang alam di bumi yang biasanya dikelilingi pegunungan atau barisan bukit. Umumnya lembah memiliki ukuran yang cukup luas mulai dari puluhan kilometer hingga ribuan kilometer persegi. Lembah dapat terbentuk dari beberapa proses geologis yang terjadi di alam, salah satunya adalah proses pengikisan tanah secara bertahap oleh air dan angin.
Ilustrasi Apa Itu Lembah. Foto: dok. James Lee (Unsplash.com)
Penjelasan mengenai pengertian lembah dipaparkan dalam buku berjudul Bentuk-Bentuk Muka Bumi yang disusun oleh Drs. Mulyadi (2020: 17) yang menyebutkan bahwa lembah adalah suatu cekungan yang terletak di antara bukit atau tanah yang lebih tinggi. Biasanya di dasar lembah yang memanjang dialiri oleh sungai.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, dalam buku berjudul Get Smart Ilmu Pengetahuan Alam Kumpulan Soal untuk Kelas II Sekolah Dasar yang disusun oleh Aip Saripudin (2007: 66) juga dijelaskan bahwa lembah adalah daratan yang lebih rendah dari dataran, umumnya berada di kaki gunung.
Ilustrasi Apa Itu Lembah. Foto: dok. James Lee (Unsplash.com)
Ada dua jenis lembah yang ada di bumi, yaitu:
Dari pemaparan tersebut dapat disimpulkan bahwa suatu bentang alam dapat dikatakan sebagai lembah jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
Sudah tahu kan, apa itu lembah? Dengan mengetahui bentuk dan ciri-ciri lembah secara umum, Anda dapat mengidentifikasi kenampakan alam di bumi dengan mudah. (DAP)
ADVERTISEMENT