Apakah Letak Geografis Wilayah ASEAN Menguntungkan? Ini Penjelasannya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
24 Februari 2023 17:38 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi apakah letak geografis wilayah ASEAN menguntungkan bagi negara-negara ASEAN, sumber foto Andy Li on Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi apakah letak geografis wilayah ASEAN menguntungkan bagi negara-negara ASEAN, sumber foto Andy Li on Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
ASEAN merupakan singkatan dari Association of Southeast Asian Nations yang merupakan organisasi di kawasan Asia Tenggara. Seperti namanya organisasi ini berisi sepuluh negara Asia Tenggara termasuk Indonesia. Lalu apakah letak geografis wilayah ASEAN menguntungkan bagi negara-negara ASEAN? Ini penjelasannya.
ADVERTISEMENT

Pengertian ASEAN

Ilustrasi apakah letak geografis wilayah ASEAN menguntungkan bagi negara-negara ASEAN, sumber foto Maksym Kaharlytskyi on Unsplash
Seperti namanya ASEAN merupakan organisasi yang berada di kawasan Asia Tenggara yang saat ini anggotanya berjumlah sepuluh negara. Organisasi ini dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967 dengan tujuan utama untuk mempermudah kerjasama di kawasan Asia Tenggara di berbagai sektor kehidupan.
Sejak awal pendiriannya, ASEAN telah memiliki banyak prestasi yang cukup membanggakan dalam mengatasi berbagai isu mulai dari politik, keamanan, sosial budaya dan ekonomi regional. ASEAN juga berhasil menjelma menjadi sebuah kawasan khusus yang bisa dibilang menjadi kawasan paling berhasil di dunia.

Apakah Letak Geografis Wilayah ASEAN Menguntungkan Bagi Negara-Negara ASEAN?

Jika berbicara mengenai apakah letak geografis wilayah ASEAN menguntungkan bagi negara-negara ASEAN atau tidak, maka kalian harus tahu dulu letak persisnya di mana. Dikutip dari Buku Penunjang Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial karya Mapata, (2017) dijelaskan bahwa letak astronomis ASEAN berada di utara 29 derajat Lintang Utara sampai 11 derajat Lintang Selatan dan 93 derajat Bujur Timur sampai 141 derajat Bujur Timur.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, jika dilihat dari letak geografisnya maka ASEAN berada di antara wilayah perairan laut, berikut adalah batas-batas ASEAN:
Berdasarkan letak geografis dan letak astronomis kawasan Asia Tenggara berada di wilayah yang sangat strategis, di mana bangsa mana saja dapat dengan mudah mencapai ASEAN. Sehingga dapat disimpulkan bahwa letak geografis ASEAN sangat menguntungkan bagi negara-negara ASEAN.
Terutama dari sektor perdagangan, karena wilayah ASEAN merupakan jalur perdagangan internasional yang sudah sangat terkenal sejak zaman dahulu. Dengan ini maka mempermudah bagi setiap negara ASEAN untuk melakukan kegiatan ekspor impor.
ADVERTISEMENT
Selain itu, dari sisi pariwisata juga sangat menguntungkan, di mana kemudahan akses lokasi bisa mendatangkan wisatawan dari berbagai negara. Tinggal bagaimana pengelolaan yang dilakukan oleh masing-masing negara anggota ASEAN.
Demikian adalah pembahasan mengenai apakah letak geografis wilayah ASEAN menguntungkan bagi negara-negara ASEAN. (WWN)