Arti dan Jawaban Masyaallah Tabarakallah yang Benar

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
26 September 2021 8:52 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Jawaban masyaallah tabarakallah. Sumber: freepik.com
zoom-in-whitePerbesar
Jawaban masyaallah tabarakallah. Sumber: freepik.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kalimat masyaallah tabarakallah sering diucapkan oleh umat muslim dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya kalimat ini terucap saat seseorang melihat ataupun mendengar sesuatu yang membuatnya merasa kagum. Pujian ini ditujukan kepada Allah SWT atas segala kuasanya. Oleh karena itulah, setiap muslim dianjurkan untuk mengetahui arti dan jawaban masyaallah tabarakallah yang benar agar dapat mengimplementasikannya secara langsung.
ADVERTISEMENT

Arti Masyaallah Tabarakallah

Kalimat masyaallah tabarakallah adalah dua kata terpisah yang memiliki arti berberbeda. Arti dari kata masyaallah adalah “Inilah yang dikehendaki Allah” dan tujuan pengucapannya adalah untuk memuji kebesaran atas ciptaan Allah SWT. Sedangkan arti tabarakallah lebih kepada ungkapan kekaguman yang merujuk pada makhluk ciptaan Allah SWT.
Dalam Alquran sendiri, arti tabarakallah adalah Maha Berkah, Maha Suci, dan Maha Tinggi. Apabila dilihat menurut ilmu tafsir, kata tabarakallah adalah sebuah ungkapan doa yang berisi tentang kekaguman kepada Allah SWT.
Jika kedua kata tersebut digabungkan, maka artinya akan saling berkesinambungan. Kata masyaallah yang berarti apa yang dikehendaki oleh Allah SWT dan dilanjutkan dengan kata tabarakallah yang berarti ungkapan kekaguman untuk memuji Allah SWT.
Jawaban masyaallah tabarakallah. Sumber: freepik.com
Jawaban Masyaallah Tabarakallah yang Benar
ADVERTISEMENT
Sebagai umat muslim, saat ada seseorang yang mengucapkan doa atau baik, maka alangkah baiknya jika kita juga turut mendoakan mereka. Maka dari itu, kita perlu mengetahui jawaban dari kalimat masyaallah tabarakallah. Menurut buku Shalawatin Aja karya Muchlis Marshal (2019:103), jawaban masyaallah tabarakallah yang benar adalah sebagai berikut.
Wafiika barakallah
Artinya, “Semoga Allah SWT memberkatimu juga.”
Atau bisa juga menjawab dengan kalimat berikut.
Jazakallah khair
Artinya, “Allah SWT akan membalasmu dengan kebaikan.”
Kedua ucapan ini sama-sama berisi doa dan pujian yang ditujukan kepada Allah SWT. Jadi, Anda sebagai umat muslim bisa memilih untuk menjawab salah satu diantara dua jawaban tersebut. Kalimat masyaallah tabarakallah memiliki banyak manfaat, seperti menghilangkan rasa dengki dan iri serta menjadikan kita sebagai orang yang lebih tenang karena semuanya sudah diatur dan juga diberikan oleh Allah SWT. (Anne)
ADVERTISEMENT