Arti Warna Hitam dalam Psikologi

Konten dari Pengguna
19 Juli 2022 20:43
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Arti Warna Hitam, Foto Pexels Arthouse Studio
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Arti Warna Hitam, Foto Pexels Arthouse Studio
ADVERTISEMENT
Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar frasa warna hitam? Mungkin Anda akan berpikir bahwa warna hitam identik dengan duka. Hal ini tidak salah karena masyarakat biasa mengenakan baju warna hitam ketika menghadiri pemakaman. Namun di sisi lain, warna hitam juga populer di kalangan band dengan aliran rock atau metal serta remaja berpenampilan emo atau gotik karena mereka biasa menggunakan pakaian serta aksesoris berwarna dominan hitam di kehidupan sehari-hari. Lalu, apa arti warna hitam dalam psikologi? Simak penjelasannya dalam artikel berikut ini.
ADVERTISEMENT

Arti Warna Hitam

Sebelum membahas lebih lanjut terkait arti warna hitam, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu warna. Dikutip dari Panduan Senam Aerobic Colour Ball & Dangdut oleh Tutik Yuliana (2018:4), Sunyoto (2009) menyatakan bahwa warna dapat didefinisikan secara obyektif fisik sebagai sifat cahaya yang dipancarkan atau secara subjektif psikologis sebagai bagian dari pengalaman indra penglihatan.
Terdapat banyak sekali warna yang dapat terlihat oleh mata kita. Salah satu warna tersebut adalah warna hitam. Kita sering melihat warna hitam di berbagai kesempatan, seperti warna pada mobil, warna jas yang dipakai saat acara formal, dan lain sebagainya. Namun, banyak masyarakat berpikir bahwa warna hitam identik dengan duka yang mendalam. Lalu, apa sebenarnya arti warna hitam dalam ilmu psikologi?
Ilustrasi Arti Warna Hitam, Foto Pexels Plato Terentev
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Arti Warna Hitam, Foto Pexels Plato Terentev
Ternyata, pikiran masyarakat tentang warna hitam yang identik dengan duka tidaklah salah dalam sebuah studi Psikologi Warna, karena dalam studi tersebut hitam memang melambangkan kematian dan duka cita. Akan tetapi, warna hitam tidak hanya sebatas itu saja. Hal ini disebabkan studi itu juga mengungkapkan bahwa ada banyak hal yang dilambangkan oleh warna hitam, seperti keseriusan, formalitas, kehampaan, penyesalan, kerahasiaan, ketakutan, misteri, berat, dan kekuatan.
ADVERTISEMENT
Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa arti warna hitam dalam studi psikologi memiliki dua makna yang berbeda, yaitu makna baik dan buruk. Oleh sebab itu, tidak selamanya warna hitam identik dengan duka, namun bisa saja orang yang memakai warna hitam ingi menunjukkan kekuatan dan keseriusannya. (LOV)