Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Anak Laki-Laki dan Waktu Pelaksanaannya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
4 April 2024 20:49 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi bacaan niat zakat fitrah untuk anak laki-laki. Foto: Unsplash/Masjid Pogung Dalangan
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bacaan niat zakat fitrah untuk anak laki-laki. Foto: Unsplash/Masjid Pogung Dalangan
ADVERTISEMENT
Lebaran tinggal beberapa hari lagi. Selain mempersiapkan diri untuk merayakan Idulfitri, umat Islam diwajibkan untuk membayar zakat fitrah baik orang tua maupun anak. Maka dari itu, perlunya mengetahui niat zakat fitrah untuk anak laki-laki.
ADVERTISEMENT
Diharapkan dengan membaca niat membuat ikhlas dalam membayar zakat sebagai ibadah sekaligus membantu orang-orang yang membutuhkan. Sehingga, semua umat Islam bisa merayakan Idulfitri dengan penuh suka cita.

Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Anak Laki-Laki

Ilustrasi bacaan niat zakat fitrah untuk anak laki-laki. Foto: Unsplash/Antony Trivet
Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang diwajibkan kepada setiap umat Islam. Sebagaimana dari Ibnu Umar, Rasulullah Saw. bersabda:
“Islam dibangun di atas lima (tonggak): Syahadat Laa ilaaha illallah dan (syahadat) Muhammad Rasulullah, menegakkan salat, membayar zakat, haji, dan puasa Ramadan”. (HR Bukhari, no. 8)
Secara umum, zakat terbagi menjadi dua, yakni zakat harta atau disebut zakat mal dan zakat di lebaran yang dikenal dengan zakat fitrah.
Zakat fitrah yang ditunaikan sebanyak satu sho’ atau 2,5 kg beras merupakan amalan yang digunakan untuk mensucikan diri, terutama setelah berpuasa Ramadan. Seperti dari Ibnu Abbas, ia berkata:
ADVERTISEMENT
"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mewajibkan zakat fitrah untuk mensucikan orang yang berpuasa dari bersenda gurau dan kata-kata keji, dan juga untuk memberi makan miskin.” (HR. Abu Daud no. 1609 dan Ibnu Majah no. 1827)
Lalu, bagaimana dengan bacaan niat zakat fitrah untuk anak laki-laki?
Dikutip dari laman mui.or.id, bacaan niat zakat fitrah untuk anak laki-laki dalam tulisan Arab, Latin, dan terjemahannya yakni:
ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻭَﻟَﺪِﻱْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ
Nawaitu an ukhrija zakaatal fithri ‘an waladii … fardhan lillaahi ta’aalaa
Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak laki-lakiku…. (nama anak laki-laki), fardu karena Allah Ta‘ala.”

Waktu Pelaksanaan Zakat Fitrah

Ilustrasi waktu pelaksanaan zakat fitrah. Foto: Unsplash/Matthew Lakeland
Pada dasarnya, waktu terbaik untuk menunaikan zakat fitrah adalah pada 1 Syawal atau di hari raya Idulfitri sebelum melaksanakan salat id. Sebagaimana dari Ibnu Umar, ia berkata:
ADVERTISEMENT
"Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan untuk membayar zakat fitrah sebelum orang-orang keluar menuju salat id." (HR. Bukhari no. 1509 dan Muslim no. 986)
Akan tetapi, karena waktu yang terlalu mepet dan ditakutkan zakat fitrah tidak terlaksana, maka bisa dengan membayarkannya pada satu atau dua hari sebelum hari raya Idulfitri. Sebagaimana dalam sebuah hadis:
"Dan Ibnu 'Umar radhiyallahu 'anhuma memberikan zakat fitrah kepada orang-orang yang berhak menerimanya dan dia mengeluarkan zakatnya itu sehari atau dua hari sebelum hari Raya Idulfitri." (HR. Bukhari no. 1511).
Dengan mengetahui bacaan niat, terutama niat zakat fitrah untuk anak laki-laki agar amalan tersebut benar-benar diikhlaskan semata-mata karena ibadah. Sehingga, bisa mendapatkan keutamaannya sekaligus membantu orang yang membutuhkan.(MZM)
ADVERTISEMENT