Bentuk Keterlibatan Amerika Serikat dalam Perang Vietnam dan Latar Belakangnya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
9 Februari 2024 18:45 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Jelaskan Keterlibatan Amerika Serikat dalam Perang Vietnam!                                 Sumber Unsplash/Ann
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Jelaskan Keterlibatan Amerika Serikat dalam Perang Vietnam! Sumber Unsplash/Ann
ADVERTISEMENT
Jelaskan keterlibatan Amerika Serikat dalam Perang Vietnam! Soal ini menjadi bagian dari tugas Sejarah untuk siswa kelas 12.
ADVERTISEMENT
Perang Vietnam terjadi ketika masa berlangsungnya Perang Dingin (Cold War) pada tahun 1947-1991. Perang dingin adalah periode ketika terjadi konflik antara Amerika Serikat (Blok Barat), dan Uni Soviet (Blok Timur).

Jelaskan Keterlibatan Amerika Serikat dalam Perang Vietnam! Ini Penjelasannya

Ilustrasi Jelaskan Keterlibatan Amerika Serikat dalam Perang Vietnam! Sumber Unsplash/The New York Public Library
Perang Vietnam menjadi salah satu perluasan dampak dari Perang Dingin. Keterlibatan Amerika Serikat dalam Perang Vietnam terjadi ketika negara Vietnam telah terpecah menjadi dua kubu, yaitu kubu Vietnam Utara, dan Vietnam Selatan.
Vietnam Utara yang kini berkarakter komunis, membuat Amerika Serikat merasa khawatir, dan memutuskan untuk terlibat dalam Perang Vietnam, dengan mendukung Vietnam Selatan yang berkarakter liberalis.
Bentuk keterlibatan Amerika Serikat dalam Perang Vietnam ditunjukkan lewat bantuan persenjataan, pasukan, pelatihan militer, hingga bantuan dana.
ADVERTISEMENT

Latar Belakang Terjadinya Perang Vietnam

Ilustrasi Jelaskan Keterlibatan Amerika Serikat dalam Perang Vietnam! Sumber Unsplash/Ryan Stone
Berdasarkan buku Pasti Bisa Sejarah Indonesia untuk SMA/MA Kelas XII, Tim Ganesha Operation (2017:70), berikut adalah latar belakang terjadinya Perang Vietnam.
Pada tahun 1946-1954, pecah Perang Kemerdekaan Vietnam karena Prancis ingin menguasai kembali wilayah Indocina. Berdasarkan Perjanjian Jenewa tahun 1954, Vietnam dimerdekakan dan dibagi menjadi dua, yakni Vietnam Utara dan Vietnam Selatan.
Akan tetapi, pembagian wilayah tersebut justru memicu pecahnya Perang Vietnam. Vietnam Utara dibantu oleh Uni Soviet dan RRC, sedangkan Vietnam Selatan dibantu oleh Amerika Serikat dan Prancis.
Pada tahun 1973, ditandatangani Perjanjian Paris oleh Amerika Serikat, Vietnam Utara, Vietnam Selatan, dan Viet Cong. Perjanjian tersebut berisi penarikan mundur pasukan Amerika Serikat dari Vietnam, dan pembebasan semua tawanan perang Amerika Serikat.
ADVERTISEMENT
Pada awal April 1974, Presiden Vietnam Selatan mengundurkan diri. Kemudian, pada tanggal 30 April 1975, pasukan Vietnam Selatan menyerah kepada pasokan Vietnam Utara dan Viet Cong.
Dengan demikian, Perang Vietnam berakhir dengan kemenangan pihak komunis di bawah pimpinan Ho Chi Minh. Kini, Vietnam memiliki bentuk pemerintahan sistem republik komunis.
Jelaskan keterlibatan Amerika Serikat dalam Perang Vietnam! Amerika Serikat memberi dukungan pada Vietnam Selatan dalam bentuk bantuan senjata, pasukan, pelatihan militer, dan ekonomi. (DK)