Berikan Contoh Rambu Peringatan! Ini Dia Penjelasannya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
27 Mei 2024 20:57 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Berikan Contoh Rambu Peringatan. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Dennis
zoom-in-whitePerbesar
Berikan Contoh Rambu Peringatan. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Dennis
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Berikan contoh rambu peringatan! Rambu ini biasanya digunakan untuk memberi peringatan kemungkinan ada bahaya atau tempat berbahaya di depan pengguna jalan.
ADVERTISEMENT
Rambu peringatan sendiri merupakan elemen penting dalam sistem transportasi yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang potensi bahaya di jalan. Rambu ini dirancang dengan warna, bentuk, dan simbol tertentu.

Berikan Contoh Rambu Peringatan! Ini Jawabannya

Berikan Contoh Rambu Peringatan. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Eleni
Keberagaman warna, bentuk, dan simbol dari rambu bertujuan untuk memastikan pengemudi dan pejalan kaki dapat segera mengenalinya dan mengambil tindakan yang tepat.
Rambu peringatan memiliki peranan yang sangat vital dalam menjaga keselamatan di jalan raya. Dengan memahami arti dari setiap rambu peringatan, pengemudi dapat lebih waspada terhadap potensi bahaya dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan.
Dikutip dari buku Implementasi Rambu, Bambang (2023: 25), mengabaikan rambu-rambu ini tidak hanya berisiko bagi diri sendiri, tetapi juga dapat membahayakan orang lain di sekitar. Begitu pula rambu peringatan.
ADVERTISEMENT
Berikan contoh rambu peringatan! Inilah beberapa contohnya.

1. Rambu "Awas Menyeberang Pejalan Kaki"

Rambu ini biasanya berbentuk segitiga dengan latar kuning dan garis tepi berwarna merah, serta gambar orang yang sedang menyeberang. Rambu ini ditempatkan di dekat zebra cross atau tempat-tempat yang sering dilalui pejalan kaki. Mulai dari di dekat sekolah, pusat perbelanjaan, atau terminal.
Tujuan rambu ini adalah untuk mengingatkan pengemudi agar memperlambat kendaraan dan memberikan prioritas kepada pejalan kaki yang menyeberang.

2. Rambu "Hati-Hati Tikungan Tajam"

Rambu ini juga berbentuk segitiga dengan latar kuning dan garis tepi merah, serta simbol jalan yang berbelok tajam. Tikungan tajam bisa menjadi sangat berbahaya jika pengemudi tidak waspada dan tidak mengurangi kecepatan.
Rambu ini biasanya ditempatkan sebelum tikungan yang berbahaya. Tujuannya untuk memberikan cukup waktu kepada pengemudi agar memperlambat kendaraannya.
ADVERTISEMENT

3. Rambu "Rendahnya Jembatan"

Rambu ini berbentuk segitiga dengan latar kuning, garis tepi merah, dan gambar jembatan dengan angka yang menunjukkan ketinggian maksimal kendaraan yang bisa melewatinya. Rambu ini sangat penting bagi kendaraan bertinggi besar. Misalnya truk dan bus agar tidak terjebak di bawah jembatan yang terlalu rendah.
Penempatan rambu ini biasanya di beberapa ratus meter sebelum jembatan agar pengemudi bisa mencari rute alternatif jika kendaraan mereka terlalu tinggi.

4. Rambu "Awas Tanah Longsor"

Rambu berbentuk segitiga dengan latar kuning dan garis tepi merah ini memiliki simbol bebatuan yang berguling ke bawah. Rambu ini ditempatkan di daerah-daerah yang rawan longsor, terutama saat musim hujan.

5. Rambu "Peringatan Hewan Liar"

Rambu ini menggambarkan hewan, seperti rusa, sapi, atau ditempatkan di daerah yang sering dilalui oleh hewan. Rambu ini bertujuan untuk mengingatkan pengemudi agar mengurangi kecepatan dan menghindari tabrakan dengan hewan yang melintas.
ADVERTISEMENT
Demikianlah jawaban atas pernyataan, "Berikan contoh rambu peringatan!". Semoga membantu! (Gin)