Bunyi dan Kandungan Alkitab Mazmur 23:1-6

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
26 Februari 2024 19:06 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Kandungan alkitab mazmur 23:1-6 - Sumber: pexels.com/@jmark/
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Kandungan alkitab mazmur 23:1-6 - Sumber: pexels.com/@jmark/
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kandungan Alkitab Mazmur 23:1-6 mmeberikan gambaran atas pemeliharaan Tuhan kepada orang-orang yang mengikuti-Nya. Mazmur 23 adalah salah satu Mazmur yang paling terkenal dan penuh dengan makna dalam Alkitab.
ADVERTISEMENT
Ini sering disebut sebagai "Mazmur Gembala". Alasannya karena menggambarkan Allah sebagai gembala yang penuh perhatian dan umat-Nya sebagai domba-domba-Nya yang diurus dengan baik.

Kandungan Alkitab Mazmur 23:1-6

Ilustrasi Kandungan alkitab mazmur 231-6 - Sumber: pexels.com/@jmark/
Mazmur 23:1-6 adalah salah satu ayat Alkitab yang paling terkenal dan sering dibaca. Bisa dibilang ini adalah Mazmur yang penuh dengan penghiburan dan keyakinan akan perlindungan serta kasih sayang Allah.
Berdasarkan buku Gembalaku dan Rajaku Kitab Mazmur 23 (Mazmur 23:1-6), Dr. Philip Suciadi Chia, M.Th, Ph.D. (c), 2020, Mazmur 23 adalah pernyataan tentang kasih sayang, perlindungan, dan kehadiran Allah yang menyeluruh dalam kehidupan manusia.
Berikut adalah bunyi isi dan Kandungan Alkitab Mazmur 23:1-6 tersebut secara lengkap.

1. Mazmur 23:1

"TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku."
ADVERTISEMENT
Ayat ini menekankan bahwa Tuhan adalah gembala yang setia dan penuh perhatian bagi manusia. Allah sebagai gembala yang memelihara, melindungi, dan menyediakan kebutuhan spiritual dan fisik. Ia memastikan bahwa umat-Nya memiliki segala yang mereka butuhkan.

2. Mazmur 23:2

"Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang."
Ini menggambarkan kasih sayang dan perhatian Allah yang membimbing manusia ke tempat-tempat yang penuh damai dan kepuasan rohani. Umat Allah dipastikan akan diurus dengan baik oleh-Nya di tengah-tengah kehidupan yang penuh tantangan.

3. Mazmur 23:3

"Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya."
Ayat ini menekankan bahwa Allah memberikan penyegaran dan pemulihan bagi jiwa manusia. Dia juga memimpin semua umat di jalan-jalan kebenaran. Nama-Nya yang suci menjadi dasar dari segala sesuatu yang Dia lakukan untuk manusia.
ADVERTISEMENT

4. Mazmur 23:4

"Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku. ada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku."
Ini menunjukkan bahwa dalam saat-saat sulit, manusia dapat mengandalkan Allah untuk memberikan perlindungan, dukungan, dan kekuatan. Kehadiran dan kekuatan-Nya akan memberikan ketenangan dan keyakinan.

5. Mazmur 23:5

"Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah."
Ayat ini menggambarkan kemurahan Allah yang melimpah kepada manusia. Bahkan di hadapan lawan dan kesulitan. Umat Kristen disediakan dan diberkati oleh Allah dengan lebih dari yang mereka butuhkan.

6. Mazmur 23:6

"Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa."
Ayat terakhir menekankan bahwa kemurahan dan kasih setia Allah akan menyertai sepanjang hidup manusia. Umat-Nya dapat memiliki kepastian akan tinggal bersama-Nya untuk selamanya di surga, di hadapan-Nya yang kudus.
ADVERTISEMENT
Keseluruhan kandungan alkitab Mazmur 23:1-6 memberikan gambaran tentang perlindungan, penyertaan, dan kemurahan Allah bagi umat-Nya. Ini adalah sumber penghiburan dan keyakinan yang kuat bagi orang-orang yang percaya kepada-Nya. (DNR)