Cara Kerja, Fitur, dan Fungsi Google Meet untuk Sekolah Online

Konten dari Pengguna
3 September 2021 17:46
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Kerja, Fitur, dan Fungsi Google Meet untuk Sekolah Online (7250)
searchPerbesar
Ilustrasi Fungsi Google Meet. Sumber : www.pixabay.com
Akhir-akhir ini, penggunaan aplikasi seperti Google Meet yang memberikan layanan fitur video call atau conference call sedang sangat diminati dan dibutuhkan, oleh sebab itu kali ini kita akan membahas secara lengkap mengenai cara kerja, fitur, dan fungsi Google Meet.
ADVERTISEMENT
Fungsi Google Meet bukan hanya bisa didapatkan oleh para pekerja yang harus menerapkan Work From Home, tapi juga amat berguna bagi para pelajar dalam School From Home. Hal ini tak lepas dari pengaruh pandemi yang menyebabkan terbatasnya ruang gerak bagi kita untuk berinteraksi secara langsung.

Cara Kerja, Fitur dan Fungsi Google Meet untuk Sekolah Online

Google Meet adalah layanan aplikasi video conference kelas premium yang dikembangkan oleh Google sebagai perusahaan internet terbesar Aplikasi ini memiliki kualitas layanan yang cukup baik yang mampu menampung peserta teleconference hingga 250 orang bersamaan dalam grid di satu layar.
Menurut buku Panduan Praktis Pembelajaran Daring dengan Google Classroom dan Google Meet, Abdul Rohman, 2021, kualitas dan keamanan dalam aplikasi ini tidak perlu diragukan lagi, aplikasi ini menawarkan kualitas yang cukup tinggi untuk mendukung pertemuan-pertemuan penting secara online. Inilah salah satu penerapan manfaat internet bagi kehidupan sehari – hari.
ADVERTISEMENT
Google Meet saat ini banyak digunakan bukan hanya untuk meeting online para pekerja melainkan juga sekolah online yang dilaksanakan oleh sekolah dan para pelajarnya. Ada banyak sekolah yang belum melangsungkan aktivitas belajar dan mengajar secara tatap muka. Karena itu akhirnya Google Meet dipilih sebagai “kelas” mereka.
Cara Kerja, Fitur, dan Fungsi Google Meet untuk Sekolah Online (7251)
searchPerbesar
Unsplash.com- Fungsi Google Meet untuk sekolah online
Google Meet terintegrasi dengan akun Google yang kita miliki sehingga untuk proses pendaftarannya hanya memerlukan langkah yang sederhana. Penggunaan akun Google sebagai satu-satunya cara login Google Meet sangat memudahkan pengguna dalam mendaftarkan diri dan mengikuti meeting melalui aplikasinya.
Saat memasuki halaman web atau aplikasi Google Meet, kita hanya akan disuguhi 2 menu: mulai rapat atau gabung ke meeting. Fitur yang sederhana ini membuat semua orang, bahkan anak sekolah, dapat dengan cepat mengerti cara menggunakan Google Meet.
ADVERTISEMENT
Selain itu, walau memiliki fitur yang cukup lengkap dalam aplikasinya, tapi ukuran Google Meet sangatlah ringan. Kesederhanaan tatap muka Google Meet memungkinkan ukuran aplikasi dan waktu muat website yang sangat optimal. Sebagai perbandingan, ukuran aplikasi Google Meet di Android adalah 55.37 MB, sedangkan ukuran aplikasi Zoom untuk Android adalah 155 MB.
Google Meet juga sangat memudahkan pengguna dalam mengakses aplikasinya baik di PC atau Smartphone Android dan iOS. Pada PC dan laptop, kita bahkan tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan, sehingga sangat memudahkan proses belajar mengajar sekolah virtual atau online untuk mengundang murid dan guru lainnya dengan cepat dan praktis.
Fungsi Google Meet dalam sekolah online pun dirasa cukup memuaskan, antara lain:
ADVERTISEMENT
  • Bisa digunakan untuk belajar dari mana pun dan kapan pun.
  • Adanya fitur yang mendukung pembelajaran interaktif.
  • Kemudahan moderator (guru atau pengajar) dalam kontrol aplikasi.
Itu tadi penjelasan dan ulasan mengenai cara kerja, fitur, dan fungsi Google Meet untuk proses sekolah online. Google Meet bisa dibilang sebagai satu solusi terbaik untuk sekolah online dengan kemudahan akses yang ditawarkannya (DNR)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020