Tekno & Sains
·
17 Maret 2021 9:55

Cara Kerja Jangka Sorong beserta Contoh Soal dan Pembahasannya

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Cara Kerja Jangka Sorong beserta Contoh Soal dan Pembahasannya (156953)
searchPerbesar
Cara Kerja Jangka Sorong, Foto: shopee
Jangka sorong merupakan alat ukur yang dapat mengukur jarak, kedalaman, maupun diameter dalam suatu objek dengan tingkat akurasi yang sangat baik, yaitu: ±0,05 mm. Hingga saat ini, alat ini masih digunakan di dalam berbagai bidang teknik, mulai dari proses perancangan, pembuatan, sampai pengecekan akhir produk. Menurut buku “Cerdas Belajar Fisika”, Kamajaya (2007: 19), selain tingkat akurasi yang tinggi, alat ini juga dibawa ke mana pun, dan tidak memerlukan perawatan khusus. Cara kerja jangka sorong pun mudah dipahami. Oleh sebab itu, alat ini lebih disukai para insinyur daripada penggaris.
ADVERTISEMENT

Bagian-bagian dan Cara Kerja Jangka Sorong

Jangka sorong terdiri dari skala baca yang serupa dengan angka-angka di penggaris dan bisa diatur berdasarkan letak rahangnya. Ada dua pasang rahang yang bisa digerakkan untuk mengukur suatu objek, yaitu:
-Sepasang rahang luar atau rahang bawah sebagai pengukur utama untuk mengukur jarak -Sepasang rahang dalam atau rahang atas untuk mengukur diameter dalam, seperti diameter dalam cincin
Selain itu, ada pula tangkai ukur kedalaman yang pergerakannya diatur dengan menggerakkan rahang. Ketiga bagian dari jangka sorong itu bergerak secara bersamaan, sehingga pengukuran dari ketiga fungsi itu dibaca dengan cara yang sama.

Contoh Soal dan Langkah Membaca Jangka Sorong

Dibutuhkan 3 langkah untuk membaca jangka sorong:
Cara Kerja Jangka Sorong beserta Contoh Soal dan Pembahasannya (156954)
searchPerbesar
Cara Kerja Jangka Sorong, Foto: studiobelajar.com
1. Membaca skala utama
ADVERTISEMENT
Mengacu pada gambar di atas, angka yang terdekat dengan garis 0 pada skala vernier persis di sebelah kanannya adalah 21 mm atau 2,1 cm. Jadi, skala utamanya adalah 2,1 cm.
2. Membaca skala vernier
Mengacu pada gambar di atas, garis lurus itu merupakan angka 3 di skala vernier. Jadi, skala verniernya adalah 0,3 mm atau 0,03 cm.
3. Untuk memperoleh hasil pengukuran akhir, tambahkan kedua nilai pengukuran tersebut. Jadi, hasil pengukuran di atas adalah 21 mm + 0,3 mm = 21,3 mm atau 2,13 cm.
Demikianlah cara kerja jangka sorong beserta contoh soal dan pembahasannya. Selamat belajar dan sukses selalu!
(Brenda, Cara Kerja Jangka Sorong)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white