Cara Memaknai agar Keimanan Kita Makin Mendalam dan Berimplikasi dalam Kehidupan

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
14 April 2024 17:20 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Bagaimana Cara Memaknai Agar Keimanan Kita Makin Mendalam dan Berimplikasi dalam Kehidupan Kita? Berikut Jawabannya. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Sangga Rima Roman Selia
zoom-in-whitePerbesar
Bagaimana Cara Memaknai Agar Keimanan Kita Makin Mendalam dan Berimplikasi dalam Kehidupan Kita? Berikut Jawabannya. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Sangga Rima Roman Selia
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jika membicarakan mengenai keimanan pastinya banyak yang bertanya-tanya mengenai bagaimana cara memaknai agar keimanan kita makin mendalam dan berimplikasi dalam kehidupan kita?
ADVERTISEMENT
Hal tersebut tentunya sangat penting karena keimanan merupakan keyakinan yang dimiliki oleh seseorang. Dalam konteks agama Islam, jika seseorang bisa melakukan seluruh hal yang menjadi bagian dari keimanan maka dijamin keselamatannya di dunia maupun akhirat.

Bagaimana Cara Memaknai Agar Keimanan Kita Makin Mendalam dan Berimplikasi dalam Kehidupan Kita? Berikut Jawabannya

Bagaimana Cara Memaknai Agar Keimanan Kita Makin Mendalam dan Berimplikasi dalam Kehidupan Kita? Berikut Jawabannya. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Masjid Pogung Raya
Dikutip dari buku Keimanan Adalah Paksi, Hilal Asyraf dkk., (2014) keimanan adalah asas kepada kebersihan dan kesucian amal. Kesungguhan, ketabahan, kegigihan dalam mengerjakan sesuatu hal.
Yang sering menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara memaknai agar keimanan kita makin mendalam dan berimplikasi dalam kehidupan kita? Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan.

1. Memperkuat Pemahaman Agama

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan cara memperkuat pemahaman agama. Hal ini bisa dilakukan dengan cara meluangkan waktu untuk mempelajari ilmu agama seperti membaca Al-Qur'an, mempelajari tafsir, dan mengikuti kajian agama.
ADVERTISEMENT
Selain itu juga bisa merenungkan makna dari ayat suci Al-Quran agar bisa menjalani kehidupan dengan baik. Renungkan bagaimana ayat-ayat tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Memperbanyak Amal Ibadah

Hal kedua yang bisa dilakukan adalah memperbanyak amal ibadah dengan cara melakukan ibadah wajib dengan khusyu. Ibadah wajib adalah pondasi keimanan. Pastikan kita melaksanakan ibadah wajib dengan khusyuk dan penuh kesadaran.
Selain itu juga harus melakukan ibadah sunah dengan ikhlas. Ibadah sunah adalah pelengkap ibadah wajib. Lakukanlah ibadah sunah dengan ikhlas dan penuh pengharapan kepada Allah Swt.

3. Mengamalkan Ajaran Agama dalam Kehidupan Sehari-hari

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan agar keimanan semakin mendalam adalah dengan cara mengamalkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dengan cara berkata jujur dan berkata benar.
Kejujuran adalah salah satu sifat terpuji dalam Islam. Selalulah berkata jujur dan hindari berbohong, baik dalam perkataan maupun perbuatan. Selain itu, tepatilah janji yang telah diucapkan. Jangan mudah ingkar janji, karena hal itu dapat merusak kepercayaan orang lain.
ADVERTISEMENT
Itulah jawaban mengenai pertanyaan bagaimana cara memaknai agar keimanan kita makin mendalam dan berimplikasi dalam kehidupan kita? Memperdalam keimanan adalah proses yang berkelanjutan sehingga harus dilakukan dengan konsisten atau istiqomah. (WWN)