Cara Membuat dan Contoh Surat Pengunduran Diri Kuliah Singkat

Konten dari Pengguna
10 Maret 2023 18:02
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
https://pixabay.com/id/users/felixioncool-324952/ - surat pengunduran diri kuliah
zoom-in-whitePerbesar
https://pixabay.com/id/users/felixioncool-324952/ - surat pengunduran diri kuliah
Surat pengunduran diri kuliah adalah jenis surat yang digunakan oleh para mahasiswa yang ingin mengundurkan diri dari kuliah atau universitas yang sedang diikutinya. Tentunya surat ini tidak bisa dibuat secara sembarangan. Kali ini kita akan membahas mengenai cara membuatnya dengan baik dan benar.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Kuliah

Surat pengunduran diri kuliah umumnya dibuat dan ditujukan kepada pihak universitas atau fakultas dan harus disertai dengan alasan yang jelas dan objektif. Mengutip dari buku Jurus Sakti Jadi Mahasiswa Berprestasi, Hudha Abdul Rohman, 2017, memang ada masanya mahasiswa yang mengalami terpaksa cuti sampai mengundurkan diri dari kuliah dengan berbagai alasan.
https://pixabay.com/id/users/leejeongsoo-798401/
zoom-in-whitePerbesar
https://pixabay.com/id/users/leejeongsoo-798401/
Sebelum membuat surat tersebut, ada beberapa hal yang perlu dicantumkan dalam cara membuat surat pengunduran diri kuliah, antara lain adalah:
  • Identitas lengkap mahasiswa, seperti nama, NIM, jurusan, dan fakultas.
  • Alasan pengunduran diri yang jelas dan objektif.
  • Tanggal pengunduran diri yang diinginkan.
  • Permohonan izin pengambilan dokumen penting, seperti transkrip nilai dan ijazah.
  • Permohonan pengembalian uang kuliah (jika ada).
Perlu diketahui juga bahwa surat pengunduran diri kuliah sebaiknya dibuat dengan bahasa yang sopan dan mengikuti format surat resmi yang benar.
Setelah surat tersebut dibuat, mahasiswa harus menyerahkannya ke bagian administrasi universitas atau fakultas dan melakukan proses administrasi pengunduran diri kuliah sesuai dengan kebijakan universitas atau fakultas yang bersangkutan.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kuliah Singkat

Agar lebih mudah membuat surat pengunduran diri kuliah tersebut, berikut salah satu contoh surat dengan format penulisan yang tepat, singkat, dan efisien untuk para mahasiswa yang membutuhkannya.

[Tempat dan Tanggal]

Kepada Yth.

Dekan Fakultas [Nama Fakultas]

Universitas [Nama Universitas]

[Alamat Universitas]

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap: [Nama Mahasiswa]

NIM: [Nomor Induk Mahasiswa]

Jurusan: [Nama Jurusan]

Fakultas: [Nama Fakultas]

Universitas: [Nama Universitas]

Dalam surat ini, dengan sangat menyesal saya mengajukan permohonan pengunduran diri kuliah pada Universitas [Nama Universitas]. Saya merasa terpaksa untuk melakukan tindakan ini karena adanya beberapa hal yang mempengaruhi keputusan saya, seperti masalah kesehatan atau masalah pribadi lainnya.

Sebagai langkah awal untuk pengunduran diri ini, saya akan menyelesaikan semua prosedur administratif yang dibutuhkan. Saya juga memohon izin untuk mengambil dokumen-dokumen penting saya, seperti transkrip nilai dan ijazah, setelah prosedur administratif selesai.

Sekali lagi, saya menyampaikan permohonan maaf atas pengunduran diri ini. Saya berharap kebijaksanaan Bapak/Ibu dan berharap semoga saya bisa menyelesaikan studi saya di masa yang akan datang.

Hormat saya,

[Nama Mahasiswa]

Itu tadi pembahasan mengenai cara membuat dan contoh surat pengunduran diri kuliah singkat yang mungkin dibutuhkan oleh mahasiswa. (DNR)