Cara Membuat Surat Resign Kerja Lengkap dengan Formatnya

Konten dari Pengguna
14 Mei 2022 20:25
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Membuat Surat Resign Kerja Lengkap dengan Formatnya (20339)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara membuat surat resign kerja. Foto. dok. ijeab (Unsplash.com)
Dalam proses pengunduran diri dari perusahaan tempat Anda bekerja, Anda perlu menyerahkan surat khusus yang biasa disebut dengan surat resign atau surat pengunduran diri. Agar penyusunan surat pengunduran diri sesuai dengan kaidah yang berlaku, mari kita simak cara membuat surat resign kerja lengkap dengan formatnya dalam artikel berikut ini.
ADVERTISEMENT

Cara Membuat Surat Resign Kerja Lengkap dengan Susunannya Sesuai Kaidah

Surat pengunduran diri merupakan salah satu surat yang penting yang perlu disusun bagi seorang pekerja yang akan melakukan pengunduran diri dari pekerjaan di suatu perusahaan. Surat resign kerja ini berisi tentang pernyataan pengunduran dari seorang pekerja yang diserahkan pada pihak perusahaan.
Cara Membuat Surat Resign Kerja Lengkap dengan Formatnya (20340)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara membuat surat resign kerja. Foto. dok. Eerik (Unsplash.com)
Sebagaimana yang dijelaskan dalam buku berjudul Buku Pintar Pekerja Terkena PHK (2015:107) surat pengunduran diri ditulis untuk arsip administrasi perusahaan. Hal ini sesuai dengan peraturan yang terdapat dalam pasal 162 ayat (3) huruf (a) UU No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan menyatakan bahwa pekerja yang ingin mengundurkan diri harus membuat sebuah surat pengunduran diri.
Penyusunan surat resign kerja ini ditulis dengan tujuan tertentu. Seperti yang dijelaskan dalam buku berjudul Panduan Lengkap Memasuki Dunia Kerja (2008:71) surat pengunduran diri dapat dibuat oleh pelamar kerja untuk menolak tawaran pekerjaan yang diberikan.
Cara Membuat Surat Resign Kerja Lengkap dengan Formatnya (20341)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara membuat surat resign kerja. Foto. dok. Nattakorn Maneerat (Unsplash.com)
Dengan membuat surat pengunduran diri, seorang karyawan dapat memberikan kesan baik pada perusahaan yang ditolak atau ditinggalkan, sehingga dapat tetap menjalankan hubungan baik dengan perusahaan tersebut.
ADVERTISEMENT
Agar pesan dalam surat dapat tersampaikan dengan baik ke pihak perusahaan, Anda perlu menyusun surat resign dengan bahasa yang baku dan tata bahasa yang baik. Tak hanya itu, dalam surat pengunduran diri juga perlu Anda tuliskan ucapan terima kasih atas penerimaan atas tawaran yang diberikan, sehingga perusahaan merasa dihargai atas penerimaan dan penawaran yang diberikan.
Anda juga perlu mencantumkan alasan pengunduran diri secara ringkas dan jelas tanpa berbelit-belit. Tak hanya itu, surat pengunduran diri juga perlu dituliskan pernyataan terima kasih kepada pihak perusahaan yang telah menerima Anda. Dengan begitu, Anda akan memiliki kesan baik untuk perusahaan yang Anda tinggalkan sehingga dapat terus menjalin hubungan baik dengan perusahaan lama.
Format surat resign kerja dapat disusun sebagaimana surat formal pada umumnya. Biasanya diawali dengan nama kota, tanggal pembuatan surat, nama perusahaan dan alamat perusahaan. Selanjutnya Anda perlu mencantumkan salam pembuka, alasan resign dan permohonan maaf dan ucapan terima kasih untuk pihak perusahaan. Jangan lupa cantumkan tanggal Anda akan resign dari perusahaan.
ADVERTISEMENT
Cara membuat surat resign kerja yang mudah ini dapat Anda jadikan panduan tepat untuk menyusun surat pengunduran diri dari perusahaan tempat Anda bekerja. Pastikan susunan surat tepat tanpa kesalahan ketik dan penggunaan bahasa yang baik, ya. (DAP)