Cara Mendapatkan Pembebasan Siksa Neraka di 10 Hari Ketiga Bulan Suci Ramadan

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
16 April 2024 17:58 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Tuliskan Apakah yang Anda Lakukan Untuk Mendapatkan Pembebasan Siksa Neraka pada 10 Hari Ketiga Bulan Suci Ramadan!. Sumber: Pexels/David Mceachan
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tuliskan Apakah yang Anda Lakukan Untuk Mendapatkan Pembebasan Siksa Neraka pada 10 Hari Ketiga Bulan Suci Ramadan!. Sumber: Pexels/David Mceachan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pada sepuluh hari terakhir Ramadan, umat Islam bisa mendapatkan banyak keutamaan. Salah satunya dapat memohon ampunan terbebas dari siksa neraka. Tuliskan apakah yang Anda lakukan untuk mendapatkan pembebasan siksa neraka pada 10 hari ketiga bulan suci Ramadan!
ADVERTISEMENT
Selain itu, pada malam-malam terakhir Ramadan diyakini sebagai turunnya Lailatul Qadar. Maka dari itu, biasanya umat muslim akan banyak beribadah di sepuluh terakhir bulan suci Ramadan.

Jawaban Tuliskan Apakah yang Anda Lakukan Untuk Mendapatkan Pembebasan Siksa Neraka pada 10 Hari Ketiga Bulan Suci Ramadan!

Ilustrasi Tuliskan Apakah yang Anda Lakukan Untuk Mendapatkan Pembebasan Siksa Neraka pada 10 Hari Ketiga Bulan Suci Ramadan!. Sumber: Pexels/Konevi
Ramadan adalah waktu bagi umat Islam untuk beribadah sebanyak-banyaknya. Terlebih lagi menjelang akhir bulan Ramadan. Sebulan Ramadan akan dibagi tiga ketamaan setiap hitungan sepuluh hari.
Mulai dari sepuluh hari pertama, sepuluh hari kedua, dan sepuluh hari ketiga atau terakhir. Lantas apa jawaban dari soal “tuliskan apakah yang Anda lakukan untuk mendapatkan pembebasan siksa neraka pada 10 hari ketiga bulan suci Ramadan!”?
Sepuluh hari terakhir bulan suci Ramadan dipercaya sebagai waktu turunnya Lailatul Qadar. Dikutip dari buku Malam Seribu Bulan: Renungan-Renungan 30 Hari Ramadan, Azra (2005), Lailatul Qadar diartikan sebagai malam kemuliaan, karena di dalamnya Alquran diturunkan dan menjadi titik langkah dari segala kemuliaan yang dapat diraih manusia.
ADVERTISEMENT
Lailatul Qadar dikatakan sebagai malam yang lebih baik dibandingkan seribu bulan. Maka dari itu umat muslim dianjurkan untuk beribadah dan memperbanyak amalan di malam Lailatul Qadar. Berikut amalan yang dapat dilakukan di Lailatul Qadar agar terbebas dari neraka.

1. Memperbanyak Ibadah Sunah

Salah satu hal yang dapat dilakukan di malam Lailatul Qadar adalah memperbanyak ibadah sunah. Salah satunya adalah dengan konsisten menjalankan salat tarawih, salat duha, dan tahajud.

2. Tadarus Al-Qur’an

Pada sepuluh hari terakhir Ramadan umat muslim juga dianjurkan untuk melakukan tadarus Al-Qur’an. Tadarus dapat dilakukan saat menunggu waktu berbuka puasa atau selepas salat subuh.

3. Berzikir dan Berdoa

Pada malam Lailatul Qadar, umat Islam juga dapat memperbanyak zikir dan doa. Berzikir dan berdoa dapat dilakukan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt.
ADVERTISEMENT

4. Iktikaf

Iktikaf dapat dilakukan pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadan. Saat iktikaf umat muslim dapat berzikir, berdoa, bertaubat, beristighfar, salat sunah tadarus Al-Qur’an, dan lain sebagainya.
Tuliskan apakah yang Anda lakukan untuk mendapatkan pembebasan siksa neraka pada 10 hari ketiga bulan suci Ramadan! Hal-hal yang dapat dilakukan adalah melaksanakan iktikaf, memperbanyak ibadah sunah, berzikir, berdoa, dan lain sebagainya. (FAR)