Cara Mengajarkan Doa Mau Makan kepada Anak Mulai dari Masa MPASI

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
7 Februari 2021 12:00 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Doa mau makan merupakan salah satu doa penting yang perlu untuk diajarkan kepada buah hati. Ketika anak mulai mengenal doa-doa dalam agamanya sejak dini, ia akan terbiasa untuk mengamalkannya sampai akhirnya ia akan memahami urgensi dari membaca doa dalam agama Islam.
ADVERTISEMENT
Orang tua bisa memulainya dengan cara sederhana, yakni dengan mengajak anak untuk menadahkan kedua tangan setiap akan mulai berdoa dan membantunya untuk melisankan doa tersebut. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mengajarkan doa mau makan pada anak, berikut adalah bacaan doa yang bisa Anda lafalkan.

Bacaan Doa Mau Makan dan Sesudah Makan

Doa Mau Makan
Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami”.
Doa Sesudah makan
Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang Islam”.
ADVERTISEMENT

Cara Mengajarkan Anak untuk Berdoa

Anak adalah pengamat dan peniru yang baik. Seorang anak akan lebih mudah untuk meniru hal yang ia lihat dibandingkan hal yang ia dengar (disuruh/dinasihati). Oleh karena itu, ketika mengajarkan anak untuk melakukan suatu hal, orang tua perlu melakukan hal yang sama termasuk dalam berdoa. Ketika mengajarkan anak untuk membaca doa setiap mau makan, orang tua pun harus berdoa. Ada baiknya, jika mengajarkan doa mau makan sejak anak mulai memasuki usia 6 bulan, yakni ketika ia mulai mengonsumsi Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). Berikut adalah kiat-kiat yang bisa orang tua lakukan untuk mengajarkan anak tentang adab dan doa makan.
ADVERTISEMENT
Semoga berhasil. Terus semangat dampingi anak agar ia tumbuh beriman, sehat, dan cerdas! (AG)