Cara Menyematkan Pesan di Telegram agar Mudah dan Cepat Membalasnya

Konten dari Pengguna
1 Oktober 2022 17:43
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi menyematkan pesan di Telegram. Foto: unsplash.com/christianw
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menyematkan pesan di Telegram. Foto: unsplash.com/christianw
ADVERTISEMENT
Telegram merupakan aplikasi media sosial yang banyak digunakan para pengguna gawai pintar. Bahkan, banyak orang yang beralih dari aplikasi lainnya. Hal ini disebabkan karena aplikasi pesan singkat ini menawarkan keamanan data yang sulit ditembus. Di sisi lain, anggota grup di Telegram bisa mencapai 5.000 yang jauh lebih banyak dari media sosial lainnya. Namun, para pengguna terkadang kesulitan mencari orang atau grup atau ingin cepat menghubunginya. Maka dari itu, pihak Telegram menyediakan menyematkan pesan. Nah, artikel kali ini akan menjelaskan cara menyematkan pesan di Telegram agar mudah dan cepat membalasnya.
ADVERTISEMENT

Apa Itu Telegram?

Dikutip dari buku Model dan Aplikasi Pembelajaran: Inovasi Pembelajaran Di Situasi Tidak Normal oleh Ramen A Purba, dkk (2022:124), Telegram adalah sebuah aplikasi layanan pengirim pesan instan multi platform berbasis cloud. Melalui Telegram, pengguna dapat berkirim pesan, foto, video, audio, dan tipe berkas lainnya yang terenkripsi secara end to end dengan demikian, pesan yang terkirim sepenuhnya aman dari pihak ketiga bahkan dari Telegram sekalipun. Telegram memudahkan penggunanya dapat mengakses satu account telegram dari perangkat yang berbeda secara bersamaan. Serta dapat membagikan jumlah berkas yang tak terbatas hingga 15 GB.
Aplikasi Telegram diprakarsai oleh dua bersaudara asal Rusia, Nikolai Durov dan Pavel Durov. Keduanya saling berbagi tugas, Nikolai fokus pada pengembangan aplikasi dengan menciptakan protokol MTProto yang menjadi motor bagi Telegram. Sementara Pavel bertanggung jawab dalam hal pendanaan dan infrastruktur Digital Fortress. Bukan hanya teks, gambar, dan video, Telegram juga bisa jadi sarana untuk mengirimkan dokumen, musik, video, lokasi realtime dan kontak yang tersimpan keperangkat orang lain.
Ilustrasi menyematkan pesan. Foto: unsplash.com/veryinformed
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menyematkan pesan. Foto: unsplash.com/veryinformed

Cara Menyematkan Pesan Telegram

Fitur menyematkan pesan Telegram berfungsi untuk meletakkan pesan paling atas obrolan. Dengan fitur ini, para penggunanya tidak perlu repot-repot dalam mencari pesan dari orang atau grub. Selain itu, para pengguna dapat menemukan pesan dengan cepat.
ADVERTISEMENT
Adapun cara untuk menyematkan pesan di Telegram yakni:
  1. Buka aplikasi Telegram
  2. Pilih obrolan atau pesan yang ingin disematkan
  3. Ketuk pesan beberapa saat
  4. Jika terlihat pemberitahuan top-up, ketuk opsi Pin atau ikon paku payung
  5. Kemudian klik OK
Itulah penjelasan tentang cara meneyatkan pesan di Telegram. Dengan cara tersebut, kamu tidak perlu repot-repot mencari pesan dari orang ataupun grup. Selain itu, cara tersebut akan memudahkan pesan dari orang atau grup yang disematkan.(MZM)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·