Cara Pemanfaatan Kekayaan Alam Hasil Tambang secara Optimal dan Berkelanjutan

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
25 Januari 2024 17:20 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Uraikan cara pemanfaatan kekayaan alam hasil tambang secara optimal dan berkelanjutan. Sumber: pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Uraikan cara pemanfaatan kekayaan alam hasil tambang secara optimal dan berkelanjutan. Sumber: pexels.com
ADVERTISEMENT
Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Hal ini juga tercermin dari banyaknya hasil tambang yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Sayangnya, ketika diminta untuk uraikan cara pemanfaatan kekayaan alam hasil tambang secara optimal dan berkelanjutan, masih banyak orang yang kesulitan menjawabnya.
ADVERTISEMENT
Hal ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengetahuan masyarakat umum seputar hasil tambang di Indonesia. Alhasil, mereka pun tidak familiar dengan cara atau metode yang digunakan agar bisa memanfaatkan hasil tambang secara optimal dan juga berkelanjutan.

Cara Pemanfaatan Kekayaan Alam Hasil tambang secara Optimal dan Berkelanjutan dengan Tepat

Uraikan cara pemanfaatan kekayaan alam hasil tambang secara optimal dan berkelanjutan. Sumber: pexels.com
Mengutip dari buku Pengelolaan Sumber Daya Alam, Iswandi dan Indang Dewata (2020:1), pengertian sumber daya alam adalah sumber daya yang terbentuk karena kekuatan alamiah, misalnya tanah, air dan perairan, udara dan ruang, mineral tenaga alam, panas bumi dan gas bumi, angin, pasang surut/arus laut.
Artinya, hasil tambang merupakan bagian dari sumber daya alam yang harus terus dijaga agar bisa terus digunakan hingga generasi mendatang.
ADVERTISEMENT
Berikut ini adalah beberapa cara pemanfaatan kekayaan alam hasil tambang secara optimal dan berkelanjutan dengan tepat yang bisa disimak.

1. Penerapan Teknologi yang Ramah Lingkungan

Penerapan teknologi ramah lingkungan bisa membantu mengurangi dampak negatif dari kegiatan pertambangan. Contohnya, seperti penggunaan teknologi pengolahan batu bara yang lebih efisien sehingga bisa mengurangi polusi udara.

2. Pengelolaan Lingkungan yang Baik

Pengelolaan lingkungan yang baik sangat penting dilakukan untuk memulihkan kondisi lingkungan yang rusak akibat kegiatan pertambangan. Contohnya, seperti dilakukannya reklamasi lahan pascatambang untuk mengembalikan fungsi lahan.

3. Pembangunan Masyarakat yang Berkelanjutan

Pembangunan masyarakat yang berkelanjutan bisa membantu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar tambang. Misalnya, memberikan pelatihan keterampilan kepada masyarakat sekitar agar bisa mendapatkan penghasilan yang layak.

4. Konservasi dan Rehabilitas Lingkungan

Pihak perusahaan harus memastikan bahwa lokasi tambang dikembalikan ke kondisi awal setelah selesai digunakan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara melakukan konservasi dan rehabilitasi lingkungan.
ADVERTISEMENT
Jadi, itu dia berbagai cara pemanfaatan kekayaan alam hasil tambang secara optimal dan berkelanjutan. Semoga informasi ini bermanfaat. (Anne)