Cara Resign Tanpa Bayar Penalti sesuai Hukum yang Berlaku

Konten dari Pengguna
14 Mei 2022 17:11
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Resign Tanpa Bayar Penalti sesuai Hukum yang Berlaku (69261)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Resign Tanpa Bayar Penalti Sumber www.pixabay.com
Kontrak kerja adalah surat perjanjian kesepakatan yang terjadi antara perusahaan dan karyawan yang memuat hak dan kewajiban masing masing pihak. Dalam kontrak tersebut dijelaskan kapan karyawan berhak untuk resign atau mengundurkan diri dari perusahaan. Simak penjelasan tentang cara resign tanpa bayar penalti sesuai ketentuan hukum yang berlaku berikut ini.
ADVERTISEMENT
Perusahaan yang mengenakan denda penalti kepada karyawan yang resign sebelum waktunya, biasanya sudah menginvestasikan karyawan tersebut dengan training atau pelatihan yang tidak sedikit nominalnya. Perusahaan memiliki formula sendiri, berapa lama karyawan tersebut bisa memberi kontribusi untuk kemajuan perusahaan yang senilai dengan biaya investasi yang telah dikeluarkan.

Cara Resign Tanpa Bayar Penalti

Cara Resign Tanpa Bayar Penalti sesuai Hukum yang Berlaku (69262)
zoom-in-whitePerbesar
Cara Resign Tanpa Bayar Penalti Sumber www.pixabay.com
Dikutip dari buku Panduan Memahami (Masalah) Hukum di Masyarakat agar Tidak Menjadi Korban (2021:35),

"Karyawan mengundurkan diri karena berbagai hal, di antaranya pindah kerja ke tempat lain, berhenti karena alasan pribadi, dan lain lain. Untuk mengundurkan diri, pekerja harus memenuhi syarat (Pasal 154 A UU Ciptaker jo 36 huruf I PP PHK) :

  • Mengajukan permohonan pengunduran diri secara tertulis selambat lambatnya 30 hari sebelum tanggal mulai pengunduran diri.
  • Tidak terikat ikatan dinas.
  • Tetap melaksanakan kewajibannya sampai tanggal mulai pengunduran diri.
ADVERTISEMENT
Berikut adalah penjelasan tentang cara resign tanpa bayar penalti,
  1. Mengambil pelajaran dari kasus yang sama. Banyak banyaklah mencari info tentang pengalaman perusahaan dalam mengalami kejadian yang sama. Pelajari kasusnya dan cari celah untuk mendapatkan solusinya.
  2. Komunikasikan dengan atasan. Dengan asumsi atasan adalah orang yang paling mengerti anda, bicarakan baik baik dengan atasan alasan harus mengundurkan diri dan jalan terbaik untuk itu.
  3. Meminta bantuan ke Human Resources Department. HRD merupakan wakil perusahaan dalam menangani karyawan. Jika alasan Anda resign kuat karena perusahaan banyak melanggar UU Tenaga Kerja, seperti lembur terus menerus, lembur tidak dibayar, atau harus bekerja walau sakit, anda memiliki daya tawar tinggi dalam negosiasi dengan HRD.
Setelah mengetahui rumitnya cara resign tanpa bayar penalti, pastikan kesiapan anda sebelum menandatangani kontrak kerja dengan perusahaan.(DK)
ADVERTISEMENT