Cara Screenshot HP Samsung Android untuk Pengguna Baru

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
11 Januari 2022 6:21 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Illustrasi Cara Screenshot HP Samsung Android untuk Pengguna Baru. Sumber: www.unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Illustrasi Cara Screenshot HP Samsung Android untuk Pengguna Baru. Sumber: www.unsplash.com
ADVERTISEMENT
Melakukan screenshot pada HP merupakan hal yang lazim digunakan. Screenshot seringkali digunakan sebagai cara untuk berbagi informasi real time di layar. Namun banyak juga pengguna smartphone yang masih bingung cara screenshot HP Samsung Android, khususnya para pengguna baru.
ADVERTISEMENT
Menurut buku Buku Pintar Gadget Android untuk Pemula (2013:7) karya Sherief Salbino, S.Kom., Android merupakan sistem operasi berbasis Linux yang bersifat terbuka dan dirancang untuk perangkat seluler dengan layar sentuh seperti smartphone dan tablet. Kebanyakan ponsel Samsung saat ini menggunakan sistem operasi Android.
Fitur screenshot di HP Samsung sebenarnya sudah ada secara default pada HP Samsung Android dan tidak membutuhkan aplikasi tambahan. Fungsinya juga sangat banyak, misalnya saja untuk menunjukkan bukti transfer kepada penjual online saat sedang berbelanja.
Namun belakangan HP Samsung Android dan HP Android lainnya mulai menerapkan desain yang minim tombol. Screenshot Samsung ini dilakukan dengan kombinasi tombol yang ada maupun dengan cara lainnya. Simak tutorial screenshot HP Samsung berikut ini!
Illustrasi Cara Screenshot HP Samsung Android untuk Pengguna Baru. Sumber: www.unsplash.com

Cara Screenshot HP Samsung Android

Ada dua cara yang lazim digunakan untuk melakukan screenshot pada HP Samsung tanpa aplikasi, yang pertama adalah menggunakan tombol kombinasi, dan yang kedua adalah dengan menggunakan Assistant Menu.
ADVERTISEMENT
Berikut cara screenshot pada HP Samsung Android dengan menggunakan kombinasi tombol:
Cara kedua adalah dengan menggunakan Assistant Menu atau Menu Asisten. Caranya mudah:
ADVERTISEMENT
Demikianlah cara melakukan screenshot HP Samsung dengan OS Android yang dapat Anda coba sendiri di rumah. Selamat mencoba! (AGI)