Ciri-Ciri Cuaca Cerah, Berawan, Panas, Dingin, Berangin, dan Hujan

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
9 Januari 2023 19:00 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ciri-Ciri Cuaca Cerah Berawan                Sumber www.unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ciri-Ciri Cuaca Cerah Berawan Sumber www.unsplash.com
ADVERTISEMENT
Indonesia adalah negara beriklim tropis yang memiliki berbagai macam cuaca dengan ciri-ciri berbeda. Bagaimana ciri-ciri cuaca cerah, berawan, panas, dingin, berangin, dan hujan? Simak jawabannya dalam artikel berikut ini.
ADVERTISEMENT
Berbeda dengan musim yang periodenya bisa berlangsung hingga beberapa bulan, cuaca hanya terjadi dalam hitungan jam bahkan kurang dari itu. Pengertian cuaca dapat ditemukan dalam buku Get Smart Ilmu Pengetahuan Alam yang disusun oleh Aip Saripudin (2007:74). Dijelaskan dalam buku tersebut, cuaca adalah keadaan udara pada suatu wilayah tertentu dalam jangka waktu terbatas.

Ciri-Ciri Cuaca Cerah, Berawan, Panas, Dingin, Berangin dan Hujan

Ilustrasi Ciri-Ciri Cuaca Cerah Berawan Sumber www.unsplash.com
Indonesia mengalami beberapa jenis cuaca dengan ciri khas yang berbeda-beda. Diambil dari buku Mengenal Iklim dan Cuaca di Indonesia yang disusun oleh Budi Susilo (2021:44), berikut adalah ciri-ciri cuaca yang ada di Indonesia.
Ciri-Ciri Cuaca Cerah Berawan Sumber www.unsplash.com
Perubahan cuaca tergantung dari faktor alam yang dimiliki seperti sudut pemanasan matahari, dan kemiringan sumbu bumi. Oleh sebab itu, cuaca di suatu negara akan berbeda dengan cuaca yang dimiliki oleh beberapa negara lain.(DK)
ADVERTISEMENT