Tekno & Sains
·
11 Maret 2021 18:36

Ciri-ciri Teks Laporan Percobaan dan Contohnya

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Ciri-ciri Teks Laporan Percobaan dan Contohnya (56224)
Membuat teks laporan percobaan. Foto: Pixabay
Ciri-ciri teks laporan percobaan perlu untuk diketahui agar kita bisa menyusun sebuah laporan penelitian dengan runtut, logis dan bisa dipahami.
ADVERTISEMENT
Percobaan dilakukan untuk mengetahui suatu materi dalam bentuk eksperimen. Setelah selesai melakukan percobaan, maka hasil percobaan ditulis untuk memberikan informasi pada orang lain mengenai penelitian yang telah dilakukan.

Ciri-ciri Teks Laporan Percobaan

Dari situs kemdikbud.go.id, teks laporan hasil percobaan memiliki pengertian sebagai berikut:

Teks yang menceritakan tentang percobaan yang dilakukan oleh penulis, dan biasanya digunakan untuk melakukan percobaan, karya ilmiah, atau laporan praktikum. Teks laporan percobaan berisi paparan data secara terperinci hasil praktik, pengamatan, dan penelitian.

Struktur teks laporan hasil percobaan terdiri atas lima bagian, antara lain.
  1. Pendahuluan, yang bertujuan untuk mengantar pembaca pada pokok bahasan dalam teks hasil percobaan, yang terdiri dari tiga unsur yaitu latar belakang masalah, rumusan masalah, dan tujuan melakukan percobaan.
  2. Landasan Teori, merupakan sumber teori yang dipilih sebagai rujukan melakukan percobaan dan memiliki relevansi dengan penelitian yang dilakukan.
  3. Metode Percobaan, merupakan langkah dan prosedur yang dilakukan untuk mengumpulkan data atau informasi untuk memecahkan maslah dan juga menguji hipotesis.
  4. Hasil Percobaan merupakan hasil yang ditemukan dan terjadi dalam percobaan dan disusun sebagai laporan percobaan secara ringkas dan sistematis.
  5. Kesimpulan, merupakan inti dari hasil percobaan dan pembahasan, serta harus menjawab rumusan masalah yang diajukan sebelum percobaan dilakukan.
ADVERTISEMENT
Ciri-ciri teks laporan percobaan antara lain:
  1. Disusun berdasarkan hasil percobaan yang disertai dengan penelitian dan juga pemecahannya.
  2. Pembahasan masalah teks laporan percobaan dikemukakan secara obyektif, sesuai dengan fakta, dan juga kebenarannya dapat diuji.
  3. Teks laporan percobaan disusun berdasarkan struktur isi teks secara runtut, logis, dan sistematis.
  4. Teks laporan percobaan menggunakan bahasa ilmiah yang baku, jelas, komunikatif, dan logis.
  5. Teks laporan percobaan ditulis dengan data lengkap sebagai pendukung laporan.
Itulah beberapa ciri-ciri teks laporan percobaan, semoga berguna. (adelliarosa)