Contoh Cerita Fabel yang Berkembang di Indonesia

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
26 Februari 2024 17:46 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Contoh Cerita Fabel yang Berkembang di Indonesia. Foto: dok. Unsplash/Lilian Dibbern
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Contoh Cerita Fabel yang Berkembang di Indonesia. Foto: dok. Unsplash/Lilian Dibbern
ADVERTISEMENT
Contoh cerita fabel yang berkembang di Indonesia diketahui cukup banyak. Salah satu judulnya yang cukup populer adalah Si Kancil.
ADVERTISEMENT
Dalam dongeng ini, diceritakan bahwa kancil adalah sosok yang cerdas dan selalu berhasil dalam menyelesaikan tantangan yang menghadapinya. Selain dongeng atau fabel berjudul Si Kancil, masih ada banyak lagi contoh fabel lainnya yang juga tak kalah populer dan banyak dikenal masyarakat Indonesia.

Ragam Contoh Cerita Fabel yang Berkembang di Indonesia

Ilustrasi Contoh Cerita Fabel yang Berkembang di Indonesia. Foto: dok.Aaron Burden
Mengutip buku Pustaka Dongeng Nusantara, Cerviena Susilo, Agnes M. (2010: 184), dongeng adalah cerita yang dikarang dan diceritakan kembali secara berulang-ulang oleh orang-orang. Cerita itu bisa dibuat karena terinspirasi dari suatu peristiwa.
Bahkan tak jarang peristiwa yang diceritakan dalam dongeng adalah hewan yang melakukan kegiatan seperti manusia atau yang dikenal dengan sebutan fabel. Apa itu fabel?
Dikutip dari dalam buku berjudul Diksi dan Gaya Bahasa, Gorys Keraf, Dr. (2009: 140), fabel adalah suatu metafora berbentuk cerita mengenai dunia binatang.
ADVERTISEMENT
Dalam suatu fabel, binatang-binatang bahkan makhluk-makhluk yang tidak bernyawa bertindak seolah seperti manusia. Contohnya, seperti binatang, tumbuh-tumbuhan, atau bahkan benda tak bernyawa sekalipun.
Fabel disusun dengan tujuan menyampaikan ajaran moral atau budi pekerti. Ada banyak sekali contoh fabel yang berkembang di Indonesia. Berikut ini beberapa contoh judul fabelnya:
Sederet dongeng tentang hewan atau fabel tersebut dapat diberikan bagi anak-anak, sebab memberikan manfaat bagi perkembangan otak anak.
Tak hanya itu, fabel atau dongeng umumnya mengandung nilai moral yang baik untuk diteladani anak. Tak heran jika banyak yang menyebutkan bahwa dongeng berperan besar dalam pembentukan pribadi seorang anak.
ADVERTISEMENT
Jika cerita dongeng mengandung nilai moral etika, maka nilai-nilai tersebut akan menjadi teladan untuk dapat diterapkan sehari-hari sesuai dengan perkembangan imajinasi dan perkembangan psikologis seorang anak.
Sekian pembahasan tentang contoh cerita fabel yang berkembang di Indonesia. Selain sederet judul fabel tersebut, masih ada banyak lagi judul fabel Indonesia lainnya yang juga cukup populer di kalangan anak-anak. (DAP)