News
·
13 Juni 2021 9:54
·
waktu baca 1 menit

Contoh Latar Belakang Laporan Tugas Akhir dan Cara Menulisnya

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Contoh Latar Belakang Laporan Tugas Akhir dan Cara Menulisnya (232396)
searchPerbesar
Ilustrasi Contoh Latar Belakang. (Foto: https://pixabay.com)
Tugas akhir merupakan karya tulis mahasiswa yang dapat berbentuk skripsi, legal memorandum, studi kasus, atau berupa paparan hasil penelitian yang membahas suatu masalah. Ketika menulis laporan tugas akhir, mahasiswa sering kali sulit untuk memulai menulis bagian latar belakang.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Kiat Menulis Karya Ilmiah Berkualitas yang ditulis oleh Ridwan Abdullah Sani (2020: 95), latar belakang merupakan uraian informasi yang menjelaskan mengapa penelitian ini harus dilakukan. Permasalahan yang menjadi dasar penelitian harus dicari terlebih dahulu dan dijelaskan di bagian latar belakang. Permasalahan dapat berupa gejala, kondisi, atau fenomena yang terjadi pada objek yang akan diteliti. Latar belakang terdiri dari empat komponen utama, yaitu latar, topik utama, tema utama, dan fokus utama.

Contoh Latar Belakang Tugas Akhir

Berikut contoh latar belakang yang dikutip dari Buku Hasil Kuliah Online Metode Penelitian Hadis: Masa Work From Home Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang dituli oleh Wahyudin Darmalaksana (2020: 16).
Contoh Latar Belakang Laporan Tugas Akhir dan Cara Menulisnya (232397)
searchPerbesar
Contoh Latar Belakang. (Foto: Wahyudin 2020)

BAB I

Pendahuluan

1.1. Latar Belakang Masalah

(isi)

1.2. Rumusan Masalah

(isi)

1.3. Batasan Masalah

(isi)

1.4. Tujuan Penelitian

(isi)

1.5. Kerangka Pikiran

(isi)

1.6. Metodologi Penelitian

(isi)

1.7. Sistematika Penulisan

(isi)

1.8. Kesimpulan dan Saran

(isi)

1.9. Penutup

ADVERTISEMENT
Latar belakang memuat fakta-fakta yang terkait permasalahan penelitian. Adapun pada bagian latar belakang juga diberi teori-teori yang relevan dan sangat dibutuhkan untuk menjelaskan masalah tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat! (CHL)