Contoh Latihan Sikap Dasar Keseimbangan yang Bisa Dipraktikkan

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
10 Juli 2024 17:40 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Latihan Sikap Mempertahankan Posisi Tubuh Selama Beberapa Detik. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Danielle Cerullo
zoom-in-whitePerbesar
Latihan Sikap Mempertahankan Posisi Tubuh Selama Beberapa Detik. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Danielle Cerullo
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Latihan sikap mempertahankan posisi tubuh selama beberapa detik merupakan sikap gerak dasar untuk latihan keseimbangan. Ada banyak contoh latihan keseimbangan dalam senam.
ADVERTISEMENT
Keseimbangan merupakan salah satu kemampuan fundamental yang harus dimiliki oleh seseorang. Ketika memiliki keseimbangan yang baik maka bisa melakukan berbagai kegiatan dengan lebih nyaman dan pastinya aman.

Latihan Sikap Mempertahankan Posisi Tubuh Selama Beberapa Detik Merupakan Sikap Gerak Dasar Keseimbangan

Latihan Sikap Mempertahankan Posisi Tubuh Selama Beberapa Detik. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Anupam Mahapatra
Latihan sikap mempertahankan posisi tubuh selama beberapa detik merupakan sikap gerak dasar keseimbangan yang bisa dilakukan. Latihan keseimbangan sendiri ada beberapa dalam mata pelajaran olahraga.
Beberapa gerakan latihan bisa dilakukan atau dilatih secara mandiri di rumah tanpa harus menggunakan peralatan khusus. Latihan keseimbangan merupakan latihan yang bertujuan untuk meningkatkan keseimbangan tubuh.
Kesimbangan merupakan hal penting bagi seseorang, karena seseorang yang memiliki keseimbangan yang baik bisa melakukan berbagai aktivitas dengan lebih aman dan nyaman.
ADVERTISEMENT
Melatih keseimbangan tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan performa fisik, tetapi juga membantu mencegah cedera dan meningkatkan kepercayaan diri.
Berikut ini adalah beberapa contoh latihan dasar keseimbangan yang bisa dipraktikkan di rumah.

1. Berdiri dengan Satu Kaki

Latihan ini sederhana, tetapi efektif untuk melatih keseimbangan statis. Berdirilah tegak dengan kedua kaki rapat, kemudian angkat salah satu kaki dan coba jaga keseimbangan selama 30 detik.
Ulangi dengan kaki yang lain. Seiring waktu dapat meningkatkan durasi latihan dan mencoba berdiri dengan mata tertutup.

2. Berjalan di Atas Garis Lurus

Latihan ini melatih keseimbangan dinamis dan koordinasi kaki. Gunakan pita perekat atau kapur untuk membuat garis lurus di lantai. Berjalanlah di atas garis tersebut dengan langkah kecil dan fokus pada keseimbangan. Cobalah berjalan dengan mata tertutup untuk meningkatkan kesulitan.
ADVERTISEMENT

3. Berjalan Jinjit

Berjalan jinjit melatih keseimbangan dan kekuatan otot kaki. Berjalanlah dengan jari-jari kaki selama beberapa langkah, jaga punggung tetap tegak dan perut ditarik ke dalam. Latihan ini dapat dilakukan di mana saja, bahkan saat sedang menonton TV atau memasak.
Jadi, bisa disimpulkan bahwa latihan sikap mempertahankan posisi tubuh selama beberapa detik merupakan sikap gerak dasar keseimbangan. Kesimbangan bisa dilatih dan ditingkatkan dengan beberapa gerakan umum dan mudah dilakukan. (WWN)