News
·
24 Januari 2021 10:56

Contoh Rantai Makanan Pemangsa dan Organisme yang Terlibat di Dalamnya

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Contoh Rantai Makanan Pemangsa dan Organisme yang Terlibat di Dalamnya (1710)
searchPerbesar
Contoh Rantai Makanan Pemangsa. Foto: dok Socratic
Ekosistem dan rantai makanan memiliki keterkaitan satu sama lain. Keterkaitan ini terjadi sebab rantai makanan merupakan sistem yang terdapat di dalam sebuah ekosistem. Dalam rantai makanan terbagi menjadi 3 macam, salah satunya yaitu rantai makanan pemangsa. Dalam rantai makanan di sekitar kita, terdapat contoh rantai makanan pemangsa, untuk mengetahui lebih lengkapnya mari simak artikel di bawah ini.
ADVERTISEMENT

Contoh Rantai Makanan Pemangsa dan Organismenya

Rantai makanan sering disamakan dengan jaringan makanan. Namun sebenarnya rantai makanan merupakan rangkaian dari jaringan makanan. Sehingga, jaringan makanan adalah sebuah ikatan dari beberapa rantai makanan. Sedangkan rantai makanan memiliki definisi yaitu sebagai sebuah rangkaian organisme yang memakan satu sama lain dari satu trofik ke tingkat trofik selanjutnya.
Tingkatan trofik merupakan urutan komponen biotik dalam ekosistem yang terdiri dari produsen yang disebut sebagai tingkat trofik pertama. Kemudian konsumen dan juga dekomposer menempati tingkat trofik terakhir. Dalam tingkatan trofik inilah sebagai penentu panjangnya rantai makanan. Biasanya dalam sebuah rantai makanan terdapat 4-5 tingkatan makanan.
Contoh Rantai Makanan Pemangsa dan Organisme yang Terlibat di Dalamnya (1711)
searchPerbesar
Rantai Makanan dalam Ekosistem. Foto: dok Biology Dictionary
Maka dapat disimpulkan bahwa melalui rantai makanan energi akan berpindah. Setiap naik satu tingkat trofik, maka energi juga naik satu tingkat. Hal ini menyebabkan semakin pendek rantai makanan maka semakin besar pula energi yang tersedia pada setiap level yang ditempati organisme.
ADVERTISEMENT
Dalam rantai makanan, para ilmuwan ekologi membagi beberapa rantai makanan menjadi beberapa macam. Macam-macam rantai makanan di antaranya yaitu rantai makanan pemangsa, rantai makanan parasit, rantai makanan saprofit. Berikut ini adalah macam rantai makanan pokok beserta penjelasan singkat mengenainya:
1. Rantai Pemangsa
Dalam rantai pemangsa, rantai makanan ini terjadi ketika hewan pemakan tumbuhan dimakan oleh hewan pemakan daging atau karnivora. Rantai pemangsa ini dimulai dari hewan yang memiliki sifat sebagai konsumen I, kemudian dilanjutkan hewan karnivora yang memangsa hewan herbivora sebagai konsumen II, kemudian akan berakhir pada hewan pemangsa karnivora maupun herbivora yang menjadi konsumen III ataupun IV. Contoh rantai makanan pemangsa ini adalah kelinci yang berlaku sebagai konsumen tingkat satu lalu dimakan oleh ular sebagai konsumen tingkat II kemudian ular dimakan oleh elang sebagai konsumen tingkat III.
ADVERTISEMENT
2. Rantai Parasit
Rantai parasit yang dimulai dari organisme yang besar hingga ke organisme yang hidupnya hanya sebagai parasit. Contoh dari organisme parasit adalah bakteri, cacing dan juga benalu. Dalam rantai makanan ini parasit memakan makanan dari organisme yang ditumpanginya.
3. Rantai Saprofit
Rantai saprofit yang dimulai dari organisme mati kepada jasad pengurai misalkan jamur dan juga bakteri. Dalam rantai makanan ini, jamur dan bakteri memakan organisme yang mati sehingga jamur dan bakteri ini berperan sebagai pengurai.
Demikian itu penjelasan singkat dari definisi rantai makanan, macam-macam rantai makanan hingga contoh rantai makanan pemangsa. Pengetahuan ini dapat menjadi ilmu yang memperluas wawasan Anda dalam bidang ilmu pengetahuan alam. (DA)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020