Contoh Soal KSM Matematika tentang Mata Dadu dan Peluang

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
11 Juli 2024 23:04 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi sebuah dadu berisi enam dilambungkan sekali peluang muncul mata dadu faktor prima dari 6 adalah. Sumber: Unsplash/Guillermo Velarde
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi sebuah dadu berisi enam dilambungkan sekali peluang muncul mata dadu faktor prima dari 6 adalah. Sumber: Unsplash/Guillermo Velarde
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sebuah dadu berisi enam dilambungkan sekali peluang muncul mata dadu faktor prima dari 6 adalah berapa? Pertanyaan seputar probabilitas ini menjadi hal yang menarik kala belajar Matematika.
ADVERTISEMENT
Dadu adalah sebuat permainan yang kerap dijadikan contoh kala membicarakan materi soal peluang. Mempelajari soal peluang dengan dadu akan terasa mengasyikkan.

Menghitung Peluang Kemunculan Mata Dadu Faktor Prima dari 6

Sebuah dadu berisi enam dilambungkan sekali peluang muncul mata dadu faktor prima dari 6 adalah berapa? - Ilustrasi Sumber: Unsplash/Brett Jordan
Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah suatu ajang yang bertujuan meningkatkan kompetensi dalam bidang sains, termasuk matematika. Sesuai dengan namanya, kompetisi ini terbuka utuk anak-anak madrasah.
Menurut buku Persiapan Kompetisi Sains Madrasah Bidang Matematika Terintegrasi, Masrokul Huda (2022), materi KSM matematika tingkat MA, meliputi bilangan real, persamaan dan ketidaksamaan, suku banyak, fungsi, limit, turunan, integral, statistika, koordinat bidang, baris dan deret, dan geometri.
Salah satu soal yang terkadang muncul adalah "sebuah dadu berisi enam dilambungkan sekali peluang muncul mata dadu faktor prima dari 6 adalah berapa?" Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah 1/3
ADVERTISEMENT
Berikut ini contoh soal KSM lainnya:
1. Perhatikan pola berikut ini: O. L, I, M, P, I, A, D, E, M, A, T, E, M, A, T, I, K, A ….
Huruf ke 2019 adalah ….
a. D
b. A
c. O
d. P
Jawaban: d
2. Angka berapakah yang merupakan lanjutan dari pola 3, 6, 9, 15, 24 ..
a. 39
b. 30
c, 40
d. 55
Jawaban: a
3. Segitiga ABC memiliki perbandingan panjang sisi AB: BC: AC = 3: 4: 5. Bila panjang AB sama dengan 9, hitunglah panjang AC!
a. 15 cm
b. 12 cm
c. 9 cm
d. 7 cm
Jawaban: a
4. Jika tanggal 1 Agustus 2023 adalah hari Rabu, berapa jumlah rakaat wajib pada bulan Agustus 2023?
ADVERTISEMENT
a. 517
b. 502
c. 527
d. 510
Jawaban: c
5. Hitunglah nilai dari x bila 3x + 5 + 7 !
a. 3
b. 9
c. 1
d. 8
Sebuah dadu berisi enam dilambungkan sekali peluang muncul mata dadu faktor prima dari 6 adalah berapa? Jawaban dari pertanyaan ini adalah 1/3. (SASH)