Konten dari Pengguna

Contoh Surat Pernyataan Bersedia Diproses secara Hukum

Berita Terkini
Penulis kumparan
21 Juni 2024 17:18 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
[surat pernyataan bersedia diproses secara hukum] Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya. Sumber: unsplash/Reagan
zoom-in-whitePerbesar
[surat pernyataan bersedia diproses secara hukum] Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya. Sumber: unsplash/Reagan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Surat pernyataan bersedia diproses secara hukum adalah dokumen yang bersifat resmi. Tujuan membuat dokumen ini adalah menyatakan kesediaannya dalam menghadapi berbagai konsekuensi hukum jika terbuktimelakukan kesalahan atau pelanggaran.
ADVERTISEMENT
Pembuatan surat pernyataan ini adalah bentuk komitmen dari individu untuk patuh dan tunduk terhadap aturan yang berlaku. Individu tersebut juga harus siap dalam menerima sanksi jika memang terbukti bersalah.

Surat Pernyataan Bersedia Diproses secara Hukum

[surat pernyataan bersedia diproses secara hukum] Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya. Sumber: unsplash/VanTayMedia
Mengutip buku Bunga Rampai Kearsipan, Muslichah (2019), surat pernyataan merupakan surat yang menyatakan kebenaran suatu hal yang disertai dengan pertanggungjawaban terkait pernyataan tersebut.
Surat pernyataan tersebut dibuat atas permintaan seseoranga tau lembaga tertentu. Berikut adalah contoh surat pernyataan bersedia diproses secara hukum yang bisa digunakan sebagai referensi saat harus membuat jenis surat tersebut.
ADVERTISEMENT
Contoh surat pernyataan bersedia diproses secara hukum yang disebutkan di atas bisa digunakan sebagai acuan atau referensi. Dengan begitu, surat tersebut memiliki kekuatan hukum dan keadilan yang sah dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. (DLA)