Contoh Susunan Acara Seminar dan Persiapan yang Harus Dilakukan

Konten dari Pengguna
5 Agustus 2022 17:16
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Contoh Susunan Acara Seminar   Foto:Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Contoh Susunan Acara Seminar Foto:Unsplash
ADVERTISEMENT
Seminar merupakan salah satu acara resmi yang membutuhkan persiapan dalam pelaksanaannya. Salah satu persiapan yang dilakukan sebelum penyelenggaraan seminar adalah membuat susunan acara. Berikut adalah contoh susunan acara seminar dan persiapan yang harus dilakukan oleh panitia penyelenggara.
ADVERTISEMENT
Seminar bukan kegiatan yang dilakukan untuk menetapkan keputusan atas suatu permasalahan. Seminar lebih membahas cara memecahkan masalah yang ada. Seperti dikutip dari buku Terampil Beragumentasi, JS. Kamdhi (Grasindo),

"Seminar adalah suatu bentuk komunikasi verbal yang bersifat ilmiah untuk membahas suatu masalah yang menyangkut kepentingan bersama".

Contoh Susunan Acara Seminar

Ilustrasi Contoh Susunan Acara Seminar                            Foto:Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Contoh Susunan Acara Seminar Foto:Unsplash
Seminar merupakan acara diskusi atau proses berpikir bersama untuk mencari solusi dari permasalahan. Berikut adalah contoh susunan acara seminar yang diambil dari buku Seminar Ke SD- An (dalam Pendidikan Tinggi untuk Penulisan Skripsi dan Tesis (2020:15),

Contoh Susunan Acara Seminar

  1. Pembukaan oleh moderator.
  2. Penyajian materi oleh penyaji.
  3. Diskusi.
  4. Kesimpulan.
  5. Penutup.
Adapun beberapa persiapan yang harus dilakukan oleh panitia seminar adalah sebagai berikut,
ADVERTISEMENT
  • Undangan.
Undangan wajib mencantumkan hari, tanggal, tempat seminar dan peta lokasi, materi pembahasan, dan jadwal acara. Undangan ditujukan kepada peserta seminar, penyaji makalah, dan moderator.
  • Ruang Seminar.
Seminar diadakan di ruangan yang sesuai dan memadai dengan jumlah undangan. Yang juga harus diperhatian dalam ruang seminar adalah cara mengatur tempat duduk dan pencahayaan.
  • Sistem Suara.
Yang dimaksud dengan sistem suara dalam seminar adalah alat pengeras suara dan kelengkapannya. Pastikan semua peralatan berfungsi dengan baik sebelum seminar dimulai.
  • Alat Tulis.
Walaupun umumnya digunakan komputer atau laptop, namun jangan lupa untuk menyediakan kertas kosong, pulpen, jadwal acara dan bahan-bahan seminar.
Contoh Susunan Acara Seminar dan Persiapannya                           Foto:Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Contoh Susunan Acara Seminar dan Persiapannya Foto:Unsplash
  • Konsumsi.
Jika kegiatan seminar berlangsung selama sehari penuh, maka selain menu makan berat juga disediakan coffee break dan snack bagi para peserta.
ADVERTISEMENT
  • Akomodasi.
Panitia dapat memberikan penginapan bagi para peserta bila acara seminar membutuhkan waktu dalam beberapa hari. Penginapan yang dipilih sebaiknya berlokasi tidak jauh dari tempat seminar diadakan.
  • Kesehatan.
Panitia perlu menyiapkan tenaga medis untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan dari segi kesehatan.
Demikian contoh susunan acara seminar dan persiapan yang harus dilakukan oleh panitia penyelenggara, agar kegiatan diskusi bisa berjalan lancar dengan hasil memuaskan.(DK)