Contoh Teks Susunan Acara Tunangan Adat Jawa

Konten dari Pengguna
5 Agustus 2022 17:11
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi contoh susunan acara tunangan. Sumber foto : https://www.pexels.com/@tara-winstead/
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi contoh susunan acara tunangan. Sumber foto : https://www.pexels.com/@tara-winstead/
ADVERTISEMENT
Adakah yang tengah menanti momen membahagiakan seperti tunangan? Tentunya kamu perlu menyiapkan contoh teks susunan acara tunangan agar semua bisa berjalan lancar dan tidak ada hambatan.
ADVERTISEMENT
Fase pertunangan adalah jenjang sebelum melangkah ke tahapan yang lebih serius dan sakral yaitu pernikahan. Konsep acara tunangan ada banyak macam dan semua tergantung dari kedua belah pihak. Namun, jika melihat berbagai proses tunangan yang sering diunggah di media sosial, banyak yang menggunakan adat seperti adat Jawa misalnya.
Bagi kamu yang akan memasuki jenjang tunangan, berikut ini contoh susunan acara tunangan dengan adat Jawa.

Contoh Teks Susunan Acara Tunangan Adat Jawa

Negara kita memiliki kekayaan budaya yang melimpah dan inilah membuat Indonesia menjadi unik serta mempunyai daya tarik. Dari Sabang sampai Merauke memiliki ragam budaya yang sangat banyak. Mulai dari bahasa, upacara adat, tradisi hingga kain daerah. Semua mempunyai daya tarik tersendiri. Salah satunya adalah adat Jawa.
ADVERTISEMENT
Adat Jawa pun beragam dan berbeda pelaksanaannya. Dalam melaksanakan sebuah acara, adat masih kental untuk digunakan. Oleh karena itu, bagi yang ingin mengadakan acara harus tahu seperti apa sih adat Jawa yang akan digunakan contohnya teks susunan acara tunangan.
Susunan acara tunangan ini biasanya dirumuskan bersama antara kedua belah pihak dan panitia kecil dari keluarga. Untuk yang bertugas sebagai pembawa acara tentunya susunan acara tunangan adat Jawa ini harus dipelajari secara detil karena mesti menggunakan bahasa Jawa.
Dikutip dari buku Ketrampilan Berbicara oleh Subhayni, dkk (2017), susunan acara dibawakan oleh pembawa acara yang bertugas sebagai pembuka seminar dan memperkenalkan isi acara dan pemateri.
Berikut ini contoh teks susunan acara tunangan adat Jawa yang bisa digunakan.
Ilustrasi susunan acara tunangan. sumber foto : https://www.pexels.com/@goumbik/
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi susunan acara tunangan. sumber foto : https://www.pexels.com/@goumbik/
Selamat datang kepada keluarga besar calon mempelai pria keluarga …. disilahkan untuk memasuki kediaman ….
ADVERTISEMENT
PEMBUKAAN
Assalamualaikum Wr. Wb.
(Alhamdulillahirabbil alamin …. )
Yang terhromat keluarga besar dari kedua calon pengantin, kedua calon pengantin yang sangat kami sayangi, dan juga hadirin yang berbahagia.
Pertama marilah kita panjatkan rasa syukur kepada Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita sehinga kita bersama hadir disini dalam suasana penuh bahagia.
Dengan ini keluarga besar … menyampaikan rasa terima kasih yang tak terhingga kepada bapak dan ibu hadirin sekalian. Pada hari ini, …….. , kita semua akan menyaksikan proses lamaran pernikahan ananda …… putra pertama ….. dan …… dengan Adinda …… putri pertama ….. dan ……
Hadirin yang berbahagia, baiklah kami haturkan rangkaian acara yang akan dilalui bersama sebagai berikut.
ADVERTISEMENT
1. Sambutan
a. Perkenalan dari keluarga pihak pria dan mengutarakan tujuannya
b. Perkenalan keluarga dan jawaban dari calon mempelai perempuan
2. Penyematan cincin
3. Penentuan tanggal pernikahan
4. Pengumuman tanggal pernikahan
5. Doa
6. Penutup
PENYAMPAIAN MAKSUD DARI KELUARGA PRIA
Hadirin yang kami hormati, acara yang pertama yaitu sambutan dari calon mempelai pria sekaligus Menyampaikan maksud dan tujuannya beserta perkenalan keluarga calon mempelai pria, kepada …... selaku ayahanda calon mempelai pria. Kepadanya dipersilahkan.
Terimakasih kami ucapkan kepada …… Yang telah menyampaikan prakata dari keluarga Calon mempelai pria.
JAWABAN DARI CALON MEMPELAI WANITA
Selanjutnya adalah sambutan dari pihak keluarga Calon mempelai wanita sekaligus menjawab apa yang telah disampaikan oleh pihak Calon mempelai pria. Kepada ….. yang mewakili keluarga ….. dipersilahkan.
ADVERTISEMENT
PROSESI PENYEMATAN CINCIN
Hadirin yang berbahagia, setelah mendengarkan penyampaian dari kedua belah pihak, maka saatnya kini penyematan cincin yang diberikan ananda …… kepada adinda …….. begitu pula sebaliknya oleh orang tua calon pengantin.
PENENTUAN TANGGAL PERNIKAHAN
Kepada kedua keluarga calon mempelai disilahkan untuk bermusyawarah mengenai penentuan tanggal pernikahan. Kepadanya dipersilahkan.
PENGUMUMAN TANGGAL PERNIKAHAN
Alhamdulillah ....Insya Allah pernikahan antara ............ dengan ............. akan dilangsungkan pada bulan ............... bertempat di ..... Kiranya Allah SWT senantiasa melimpahkan ridha dan rahmatNYA pada kita semua dan semoga dimudahkan pula semua urusan kita.
DOA
Hadirin yang kami muliakan, agar mendapat syafaat dan berkah dari Allah SWT, marilah kita berdoa bersama-sama sekaligus mendoakan semoga menuju acara pernikahannya dapat dimudahkan dan tidak ada halangan. Amin.
ADVERTISEMENT
Untuk itu kami persilahkan ..... berkenan memimpin doa.
PENUTUP
Hadirin yang kami hormati, Semoga dooa yang dibacakan dan kita aminkan tadi diterima oleh Allah SWT.
Menginjak acara yang terakhir yaitu penutup dan dilanjutkan ramah tamah. Atas nama keluarga kedua calon mempelai, sekali lagi kami mengucapkan terima kasih dan mohon dimaafkan apabila ada kata-kata maupun sikap yang kurang berkenan dihati Bapak dan Ibu sekalian. Saya akhiri Billahi taufiq walhidayahWaridhlo wal inayah. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Demikian contoh teks susunan acara tunangan adat Jawa yang bisa kamu gunakan. Dan bagi calon mempelai, jangan karena sibuk menyiapkan acara sampai lupa memesan cincin tunangan, ya! Semoga berjalan lancar acaranya. (RAN)