Contoh Tinjauan Pustaka beserta Tujuan Penyusunannya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
7 Juli 2022 18:45 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Contoh Tinjauan Pustaka. Foto. dok. Nick Morrison (Unsplash.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Contoh Tinjauan Pustaka. Foto. dok. Nick Morrison (Unsplash.com)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tinjauan pustaka merupakan salah satu komponen penting yang perlu ada dalam sebuah laporan penelitian. Bagi Anda yang masih belum mengetahui betul apa itu tinjauan pustaka, mari kita simak ulasan mengenai pengertian dan contoh tinjauan pustaka lengkap dengan tujuan penyusunannya.
ADVERTISEMENT

Pengertian dan Contoh Tinjauan Pustaka Lengkap dengan Tujuan Penyusunannya

Dalam penyusunan laporan penelitian, kita sebagai peneliti perlu memahami apa saja komponen yang perlu ada dalam sebuah laporan penelitian. Salah satu komponen penting yang perlu ditulis dalam laporan penelitian adalah tinjauan penelitian. Apa itu tinjauan penelitian?
Ilustrasi Contoh Tinjauan Pustaka. Foto. dok. Glenn Carstens-Peters (Unsplash.com)
Dikutip dari buku berjudul Metode Penelitian Untuk Perguruan Tinggi yang disusun oleh Nenny Ika Putri Simarmata, ‎Abdurrozzaq Hasibuan, ‎Imam Rofiki dkk (2021: 40) yang memaparkan bahwa tinjauan pustaka atau tinjauan literatur yang juga disebut sebagai kerangka teoritis, adalah ringkasan komprehensif dari berbagai pendapat atau teori dan penelitian sebelumnya tentang suatu topik.
Seperti komponen penting lainnya yang perlu ada dalam laporan penelitian, tinjauan pustaka dibuat dengan tujuan khusus. Pembahasan mengenai tujuan penyusunan tinjauan pustaka dijelaskan secara rinci dalam buku berjudul Metode Penelitian Sosial yang disusun oleh Ardhariksa Zukhruf Kurniullah, ‎Erika Revida, ‎Muhammad Hasan dkk (2021:54).
Ilustrasi Contoh Tinjauan Pustaka. Foto. dok. Super Snapper (Unsplash.com)
Dalam buku tersebut tertulis bahwa tujuan dari penyusunan tinjauan pustaka adalah untuk “melihat kembali” (review) pada apa yang telah dilakukan peneliti lain mengenai topik tertentu. Tinjauan pustaka adalah sarana dan tujuan, yaitu untuk memberikan latar belakang dan berfungsi sebagai motivasi untuk tujuan dan hipotesis yang memandu penelitian yang dilakukan. Untuk mengetahui bagaimana isi tinjauan pustaka, berikut ini adalah salah satu contoh tinjauan pustaka:
ADVERTISEMENT
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
Nilai Berita
Nilai berita merupakan salah satu komponen yang terkandung di dalam sebuah berita yang diterbitkan, baik oleh surat kabar cetak maupun media online. Keberadaan nilai berita dalam sebuah berita menjadi sebuah tolok ukur apakah berita tersebut layak untuk dipublikasikan atau tidak. Umumnya nilai berita yang diterbitkan surat kabar, khususnya media online adalah nilai berita kekinian.
Salah satu penelitian terdahulu yang mendasari penelitian ini yaitu Renny, J. (2067). Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Harapan Bangsa yang berjudul Ragam Nilai Berita dalam Berita Terbitan Surat kabar XX. Tujuan penelitian ini adalah mempelajari apa saja ragam nilai berita yang didominasi atau yang banyak digunakan dalam berita yang diterbitkan oleh Surat Kabar XX.
ADVERTISEMENT
Penelitian ini dilakukan dengan berbagai cara yaitu pengumpulan data dan survey dengan wawancara narasumber dengan pembaca surat kabar XX sebagai syaratnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai berita yang banyak digunakan oleh surat kabar XX adalah nilai berita kekinian.
Itu dia pemaparan ringkas mengenai pengertian dan contoh tinjauan pustaka yang disajikan lengkap dengan tujuan penyusunannya. Semoga bermanfaat! (DAP)