Contoh Usaha yang Dilakukan Pemerintah untuk Membina Persatuan dan Kesatuan

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
22 Mei 2024 19:25 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Tuliskan contoh usaha-usaha yang dilakukan pemerintah untuk membina persatuan dan kesatuan dalam masyarakat, sumber: unsplash/AnggaIndratama
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tuliskan contoh usaha-usaha yang dilakukan pemerintah untuk membina persatuan dan kesatuan dalam masyarakat, sumber: unsplash/AnggaIndratama
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tuliskan contoh usaha-usaha yang dilakukan pemerintah untuk membina persatuan dan kesatuan dalam masyarakat! Persatuan dan kesatuan adalah hal penting yang harus dilakukan oleh setiap individu, termasuk pemerintah.
ADVERTISEMENT
Tanpa adanya persatuan dan kesatuan, masyarakat akan hidup dalam konflik dan pertikaian. Oleh karena itu, penting sekali mengetahui berbagai contoh usaha membina persatuan dan kesatuan yang dilakukan oleh pemerintah.

Contoh Usaha yang Dilakukan Pemerintah untuk Membina Persatuan dan Kesatuan

Ilustrasi Tuliskan contoh usaha-usaha yang dilakukan pemerintah untuk membina persatuan dan kesatuan dalam masyarakat, sumber: unsplash/Abby
Tuliskan contoh usaha-usaha yang dilakukan pemerintah untuk membina persatuan dan kesatuan dalam masyarakat! Apalagi, Indonesia adalah negara yang majemuk, sehingga masyarakatnya memiliki perbedaan dari segi budaya, ras, agama, dan lainnya.
Adapun beberapa usaha membina persatuan dan kesatuan yakni sebagai berikut:

1. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Mengutip Buku Ajar Pendidikan Pancasila Berbasis Implementasi Nilai dan Konsep Local Genius oleh I Made Widnyana (2020), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di setiap sekolah merupakan salah satu cara pemerintah dalam menanamkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan.
ADVERTISEMENT
Mata pelajaran ini mengajarkan pentingnya Pancasila sebagai filosofi dan dasar negara yang mengikat seluruh rakyat Indonesia. Hal ini sekaligus memperkenalkan konsep Bhinneka Tunggal Ika atau berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

2. Penyelenggaraan Acara Kebudayaan

Pemerintah nasional dan daerah sering menyelenggarakan acara atau festival kebudayaan yang melibatkan berbagai suku di Indonesia. Upaya ini tidak hanya memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia, tetapi juga memperkuat rasa kebanggaan bangsa yang heterogen.

3. Program Bela Negara

Bela negara merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan kesetiaan kepada NKRI. Hal ini sekaligus mampu membentuk kesadaran berbangsa dan bernegara, sehingga mengajak masyarakat turut andil dalam pertahanan negara secara nonmiliter.

4. Dialog Antaragama dan Budaya

Tidak jarang, pemerintah menggelar dialog antaragama dan antarbudaya untuk meningkatkan toleransi di antara berbagai kelompok agama dan etnis di Indonesia. Upaya ini dapat mencegah konflik horizontal sekaligus mempererat hubungan antarkomunitas yang berbeda latar belakang.
ADVERTISEMENT

5. Kampanye Antidiskriminasi dan Antiradikalisme

Pemerintah berusaha mencegah penyebaran ideologi yang dapat merusak persatuan bangsa melalui kampanye antidiskriminasi dan antiradikalisme. Program ini membutuhkan kerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk masyarakat sipil untuk menolak berbagai bentuk ekstremisme.
Itulah jawaban dari pertanyaan, tuliskan contoh usaha-usaha yang dilakukan pemerintah untuk membina persatuan dan kesatuan dalam masyarakat. Melalui berbagai upaya tersebut, pemerintah berusaha menciptakan negara yang harmonis dan toleran untuk menjaga keutuhan NKRI. (DLA)