Dampak Buruk dari Perbuatan Zina beserta Kiat Menjaga Diri dalam Islam

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
28 Februari 2023 18:10 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Apa Dampak Buruk dari Perbuatan Zina?         Foto:Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Apa Dampak Buruk dari Perbuatan Zina? Foto:Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Perzinaan merupakan salah satu perbuatan dosa besar dalam hukum Islam. Apa dampak buruk dari perbuatan zina? Simak dampak zina dan kiat menjaga diri dari perbuatan zina berikut ini.
ADVERTISEMENT
Zina berasal dari kata zana-yazni dalam bahasa Arab. Diambil dari buku PAI dan Budi Pekerti untuk Kelas X yang disusun oleh Nenden Munawaroh, Ijudin (2022:210), zina adalah melakukan hubungan biologis layaknya suami istri di luar tali pernikahan yang sah menurut syari'at Islam. Perbuatan zina tidak hanya mengacu pada hubungan senggama, namun juga segala macam aktivitas seksual seperti ciuman, berpelukan, meraba, bahkan saling memandang dengan nafsu.

Dampak Buruk dari Perbuatan Zina

Ilustrasi Dampak Buruk dari Perbuatan Zina Foto:Unsplash
Hukum zina adalah haram, dan bahkan umat Islam dilarang untuk mendekatinya. Imam Sayuti dalam kitab al-Jami' al-Kabir menuliskan dampak buruk dari perbuatan zina sebagai berikut;
1. Dampak di Dunia
ADVERTISEMENT
2. Dampak di Akhirat

Kiat Menjaga Diri dari Perbuatan Zina

Dampak Buruk dari Perbuatan Zina dalam Islam Foto:Unsplash
Perbuatan zina merusak moral masyarakat dan melemahkan kepribadian bangsa. Adapun kiat dalam menjaga diri dari perbuatan zina adalah sebagai berikut.
ADVERTISEMENT
Perbuatan zina memiliki akibat negatif yang bersifat merusak. Dampak buruk dari perbuatan zina antara lain mendapat laknat dari Allah dan Rasul-Nya, dijauhi dan dikucilkan di masyarakat, dan anak hasil zina tidak dapat dinasabkan kepada ayahnya, serta tidak berhak atas warisan.(DK)