News
·
20 Februari 2021 17:44

Doa Nabi Musa Saat Membelah Laut dan Melawan Kekejaman Firaun

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Doa Nabi Musa Saat Membelah Laut dan Melawan Kekejaman Firaun (159861)
Ilustrasi nabi Musa membelah lautan. Sumber: Pinterest
Saat mendengar nama Nabi Musa, kita tentu akan langsung teringat juga dengan mukjizat hebat yang melekat pada beliau, yakni dapat membelah laut merah dan berhasil menenggelamkan raja yang kejam bernama Firaun beserta pengikutnya.
ADVERTISEMENT
Bagi umat muslim sendiri, kisah nabi Musa dan Firaun termasuk kisah yang sangat familiar bukan? Bahkan sejak kecil, para anak di keluarga muslim juga telah diperkenalkan dengan kisah nabi Musa satu ini. Adapun mukjizat nabi Musa yang dapat membelah laut dan menenggelamkan Firaun juga telah dibuktikan secara Sains lho!
Dikutip dari Mengenal Fakta dan Sains dalam Alquran Untuk Anak (2017) oleh Nurul Fitri Fatkhani, disebutkan bahwa di tahun 1988 silam, seorang peneliti dari Amerika berhasil menemukan potongan kereta tempur pasukan Firaun di dalam laut Merah dengan usia ribuan tahun.
Disamping buku tadi, kisah-kisah tentang Nabi Musa yang penuh nilai tauladan ini sendiri juga telah diabadikan dalam ayat-ayat suci alquran dan dapat kita baca kapanpun dengan mudah, khususnya melalui alquran yang sudah diterjemahkan.
ADVERTISEMENT

Bacaan Doa Nabi Musa Membelah Laut dan Memohon Pertolongan Allah

Adapun beberapa bacaan doa yang dipanjatkan oleh nabi Musa ketika melawan kekejaman Firaun juga disebutkan dalam ayat suci alquran dan hadist nabi Muhammad SAW. Misalnya saja seperti doa memohon petunjuk kepada Allah agar beliau diarahan ke jalan yang benar berikut ini:

رَبِّ نَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِنَ () عَسَى رَبِّى اَنْ يَهْدِ يَنِى سَوَاءَ السَّبِيّلِ

"Robbi najjinii minal-qoumizh-zhoolimin. Asaa robbiii ay yahdiyanii sawaaa as-sabiil."

Artinya : Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dari orang orang yang dzalim itu. Dan tatkala ia menghadap kejurusan negeri Madyan ia berdoa (lagi): Mudah mudahan Tuhanku memimpinku ke jalan yang benar. (QS. Al Qashas: 21-22)

Kemudian ada pula bacaan doa yang dipanjatkan oleh nabi Musa agar Allah memberikannya segala kebaikan. Berikut bacaan doa tersebut:
ADVERTISEMENT

رَبِّ إِنِّي لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ

“Ya Tuhanku Sesungguhnya aku sangat membutuhkan setiap kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.” (QS. Al Qashas: 24)

Jika kamu juga penasaran bagaimana bacaan doa yang diucapkan oleh nabi Musa saat membelah laut atas perintah Allah SWT, maka kita bisa mengetahui bacaan doa nabi Musa membelah laut tersebut lewat hadist berikut: "‘Maukah kamu kuajari tentang kalimat-kalimat yang dibaca oleh Musa as ketika ia melintasi lautan bersama Bani Israil?’, Kami menjawab: ‘tentu, ya Rasulallah.’. Kemudian Rasul menjawab, ‘Bacalah allâhumma lakal hamdu wailaikal musytaka, wa antal musta’ân, wa lâ haula wa lâ quwwata illâ billâhil ‘aliyyil adzîmi’."
Berdasarkan isi kandungan hadist tadi, maka beginilah lafadz arab, latin, dan terjemahan dari doa nabi Musa ketika membelah lautan sesuai perintah Allah SWT:
ADVERTISEMENT

اَللهم لَكَ الْحَمْدُ وَاِلَيْكَ الْمُشْتَكَى وَاَنْتَ الْمُسْتَعَانُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

allâhumma lakal hamdu wailaikal musytaka, wa antal musta’ân, wa lâ haula wa lâ quwwata illâ billâhil ‘aliyyil adzîmi’

Artinya: “Ya Allah, hanya milik-Mu segala puji, hanya kepada-Mu Dzat yang dimintai pertolongan. Tidak ada kekuatan untuk menjalankan sebuah ketaatan dan menghindari kemaksiatan kecuali pertolongan Allah yang maha Agung”.

Setelah membaca ulasan singkat tadi, semoga kamu sudah bisa mengetahui bagaimana bacaan doa yang dilafalkan oleh nabi Musa ketika membelah lautan. Selain dijadikan sebagai kisah tauladan bagi umat muslim, beberapa bacaan doa yang dipanjatkan oleh nabi Musa as dalam alquran dan hadist tadi juga dapat kita untuk meminta segala kebaikan dan pertolongan dari Allah SWT ya! Semoga informasi tadi bermanfaat. (HAI)
ADVERTISEMENT