Doa Setelah Sholat Tahajud Beserta Artinya Mudah Dihafal!

Konten dari Pengguna
9 November 2020 11:34
·
waktu baca 7 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Doa setelah sholat Foto: dok. Thestatesman
zoom-in-whitePerbesar
Doa setelah sholat Foto: dok. Thestatesman
ADVERTISEMENT
Doa setelah sholat tahajud beserta artinya dapat memudahkan Anda memahami makna yang terkandung di dalamnya. Sholat tahajud ini merupakan sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari, tepatnya pada sepertiga malam terakhir.
ADVERTISEMENT
Anda bisa melakukan sholat tahajud pada waktu tersebut hingga menjelang sholat Subuh. Jumlah rakaat yang paling sedikit yakni dua rakaat, namun tidak ada batasan untuk jumlah terbanyaknya.

Doa Setelah Sholat Tahajud Beserta Artinya

Doa setelah sholat tahajud selalu dipanjatkan oleh Rasulullah SAW setiap malam. Ada banyak keutamaan yang dijanjikan jika umat Muslim mau mengamalkannya. Berikut ini bacaan doa setelah sholat tahajud Arab, latin, dan terjemahannya:
Doc : Konfirmasitimes
zoom-in-whitePerbesar
Doc : Konfirmasitimes
"Allaahumma lakal hamdu anta qayyimus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa'dukal haqqu, wa liqaa'uka haqqun, wa qauluka haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu ‘alaihi wasallama haqqun wassaa'atu haqqun. Allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akh-khartu, wa maa asrartu, wa maa a'lantu, wa maa anta a'lamu bihiminnii. Antal muqaddimu, wa antal mu'akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah."
ADVERTISEMENT
Artinya:
"Ya Allah. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Haq (benar), janji Mu lah yang benar, pertemuan dengan Mu adalah benar, perkataan Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para Nabi itu benar, Nabi Muhammad itu benar, dan hari kiamat itu benar (ada).
Ya Allah! Hanya kepadaMu aku berserah diri, hanya kepadaMu aku beriman, hanya kepadaMu aku bertawakkal hanya kepadaMu aku kembali, hanya denganMu kuhadapi musuhku, dan hanya kepadaMu aku berhukum. Oleh Sebab itu ampunilah segala dosaku, yang sudah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. Tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya upaya serta kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah"
ADVERTISEMENT
(Diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari, Muslim, Abu Daud dan al-Tirmidzi)

Istighfar Usai Membaca Doa Setelah Sholat Tahajud

Ilustrasi wanita salat. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi wanita salat. Foto: Shutterstock
Mengutip buku Risalah Tuntunan Sholat Lengkap oleh Moh. Rifa’i (1976), dianjurkan untuk memperbanyak istighfar usai membaca doa setelah sholat tahajud. Istighfar yang umumnya dibaca yakni:
Astaghfirullaahal 'azhiimu wa’atuubu ilaihi
Artinya: "Kami memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung dan kami pun bertaubat kepadaNya”.
Adapun bacaan lebih lengkap yang dicontohkan Rasulullah SAW adalah sebagai berikut:
Allahumma Anta Rabbi, la ilaha illa Anta khalaqtani, wa ana 'abduka, wa ana ala ahdika wawa'dika mastatha'tu, audzubka min syarrima shana'tu, abu'u laka bini'matika alayya wa abu'u laka bi dzanbi, faghfirli, fa innahu la yaghfirudzunuba illa Anta.
Artinya: "Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan melainkan Engkau. Engkau dzat yang telah menjadikan kami, dan kami adalah hamba Mu, dan kamipun dalam ketentuan Mu serta janji Mu sedapat yang kami lakukan. Kami mohon perlindunganMu dari kejahatan apa saja yang kami lakukan, kami mengakui kenikmatan yang telah Engkau limpahkan kepada kami dan kami juga mengakui akan dosa kami, karena itu berilah ampunan kepada kami, sebab sesungguhnya tidak ada yang memberi pengampunan kecuali Engkau sendiri"
ADVERTISEMENT

Tata Cara Sholat Tahajud

Ilustrasi pria muslim sedang salat. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pria muslim sedang salat. Foto: Shutter Stock
Untuk meraih keutamaan yang sempurna, selain membaca doa setelah sholat tahajud, umat Muslim perlu mengetahui bagaimana tata cara mengerjakannya dengan benar.
Dalam buku Panduan Sholat Untuk Perempuan oleh Nurul Jazimah, disebutkan bahwa sholat tahajud bisa dikerjakan 2-8 rakaat. Ada pula yang mengatakan jumlahnya tidak terbatas.
Sholat tahajud hendaknya dilakukan semampunya. Jika hanya sanggup melaksanakan dua rakaat, maka hal tersebut sudah baik. Yang terpenting adalah istiqomah dalam mengamalkannya.
Sama seperti sholat sunnah pada umumnya, sholat tahajud juga memiliki tata cara khusus yang perlu diikuti. Berikut panduannya yang bisa Anda simak:
Ilustrasi pria muslim sedang salat. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pria muslim sedang salat. Foto: Shutter Stock
1. Niat Sholat Tahajud
ADVERTISEMENT

Ushallii sunnatat-tahajjudi rak’ataini (mustaqbilal qiblati) lillahi ta’aalaa.

Artinya : "Aku niat sholat sunnah tahajud dua rakaat (dengan menghadap kiblat) karena Allah Ta’ala.”

2. Takbiratul Ihram
3. Membaca Doa Iftitah
4. Membaca Surat Al Fatihah
5. Membaca salah satu Surat Pendek dalam Al-Quran
6. Ruku dengan tuma’ninah
7. Iktidal dengan tuma’ninah
8. Sujud pertama
9. Duduk di antara dua sujud
10. Sujud kedua
11. Berdiri kembali seraya bertakbir (mengerjakan rakaat kedua)
12. Membaca Surat Al Fatihah
13. Membaca salah satu Surat dalam Al Quran
14. Rukuk dengan tuma’ninah
15. Iktidal dengan tuma’ninah
16. Sujud pertama
17. Duduk di antara dua sujud
18. Sujud kedua
19. Tasyahud akhir.
20. Salam
22. Membaca doa setelah sholat tahajud
ADVERTISEMENT

Waktu Terbaik Sholat Tahajud

com-Ilustrasi Salat Foto: pixabay
zoom-in-whitePerbesar
com-Ilustrasi Salat Foto: pixabay
Tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari, sesudah sholat Isya sampai terbit fajar. Sholat malam dapat disebut tahajud apabila dilakukan setelah bangun dari tidur, meskipun hanya sebentar.
Waktu sholat tahajud itu bisa dibagi menjadi tiga, yaitu:
  • Sepertiga malam pertama: kira-kira dari jam 19.00 sampai dengan jam 22.00, disebut waktu utama.
  • Sepertiga malam kedua: kira kira dari pukul 22.00 sampai jam 1 dini hari.
  • Sepertiga ketiga: kira-kira dari jam 1 sampai dengan masuknya waktu subuh. Ini adalah waktu yang paling utama.
Dengan demikian, sholat tahajud dianjurkan untuk dikerjakan pada sepertiga malam terakhir, yakni selepas tengah malam hingga masuknya waktu Subuh. Hal ini disandarkan pada hadits Rasulullah SAW yang berbunyi:
ADVERTISEMENT
“Perintah Allah turun ke langit dunia di waktu tinggal sepertiga yang akhir dari waktu malam, lalu berseru: Adakah orang-orang yang memohon (berdoa), pasti akan Kukabulkan, adakah orang yang meminta, pasti akan Ku beri dan adakah yang mengharap ampunan, pasti akan Ku ampuni baginya. Sampai tiba waktu subuh”.

Keutamaan Sholat Tahajud

com-Ilustrasi menjalankan ibadah Sholat Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
com-Ilustrasi menjalankan ibadah Sholat Foto: Shutterstock
Meski orang yang meninggalkan sholat tahajud tidak berdosa, sungguh rugi apabila Anda melewatkannya begitu saja. Sebab sholat sunnah ini memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa.
Untuk memotivasi agar semakin giat mengerjakan sholat tahajud, simak berbagai keutamannya yang dikutip dari buku Keutamaan Shalat Malam: Panduan Lengkap Tahajud dan Witir oleh Yusni A. Gazali dan Ibnu Salim (2013):

1. Sumber Kemuliaan

Ilustrasi orang berdoa qunut. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi orang berdoa qunut. Foto: Shutterstock
Tahajud dapat memberikan kemuliaan kepada orang yang beriman. Rasulullah SAW bersabda: “Jibril mendatangiku dan berkata, “Wahai Muhammad, hiduplah sesukamu, karena engkau akan mati; cintailah orang yang engkau sukai, tetapi engkau akan berpisah dengannya; lakukanlah apa keinginanmu, engkau akan mendapatkan balasannya; ketahuilah bahwa sesungguhnya kemuliaan seorang mukmin adalah sholat malam dan ketidakbutuhannya dimuliakan orang lain.” (HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi).
ADVERTISEMENT

2. Permohonannya Dikabulkan

Rasulullah SAW bersabda: “Pada malam hari, ada satu saat ketika seorang Muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah SWT memberinya. Itu berlangsung pada setiap malam.” (HR. Muslim dan Ahmad dari Jabir).

3. Dosa-dosanya Diampuni

Rasulullah SAW bersabda, “Lakukan qiyamul lail. Karena itu kebiasaan orang shaleh sebelum kalian, bentuk taqarrub, penghapus dosa, dan penghalang berbuat salah.” (HR. Tirmidzi dari Abu Umamah Al-Bahili).
Ilustrasi sholat tahajud. Foto: pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi sholat tahajud. Foto: pixabay

4. Tiket Masuk Surga

Sholat tahajud merupakan salah satu tiket menuju surga. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:
“Di dalam surga ada sejumlah kamar yang bagian luarnya terlihat dari dalam dan bagian dalamnya terlihat dari luar. Allah SWT menyediakannya bagi orang yang suka memberi makan, menyebarkan salam, dan sholat malam saat manusia tidur.” (HR. Ibnu Hibban dari Abu Malik Al-Asy‘ari).
ADVERTISEMENT

5. Diberi Rahmat oleh Allah SWT

Mendirikan sholat tahajud dapat mengundang rahmat Allah SWT. Rasulullah bersabda: “Semoga Allah SWT merahmati laki-laki yang bangun malam, lalu melaksanakan sholat dan membangunkan istrinya. Jika sang istri menolak, ia memercikkan air di wajahnya. Juga, merahmati perempuan yang bangun waktu malam, lalu sholat dan membangunkan suaminya. Jika sang suami menolak, ia memercikkan air di wajahnya.” (HR. Abu Dawud dan Nasa’i dari Abu Hurairah)
Ilustrasi sholat tahajud. Foto: pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi sholat tahajud. Foto: pixabay

6. Wajah Terlihat Mempesona

Seseorang yang sering mengerjakan sholat tahajud wajahnya akan terlihat mempesona. Jabir meriwayatkan Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang banyak sholat malam, wajahnya akan terlihat tampan di siang hari.” (HR. Ibnu Majah)
---
Setelah mengerjakan sholat tahajud, Anda bisa melanjutkannya dnegan membaca doa setelah sholat tahajud. Doa ini dianjurkan dibaca rutin setiap malam agar umat Muslim mendapatkan pahala yang berlimpah dari Allah SWT. Saat hendak kembali tidur, disarankan untuk membaca Ayat Kursi, Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas.
ADVERTISEMENT
Kapan waktu terbaik sholat tahajud?
chevron-down
Dzikir apa setelah sholat tahajud?
chevron-down
Doa apa saja yang dibaca saat sholat tahajud?
chevron-down
(RN&ERA)
==============
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·