Dua Isi Pokok Alquran Surat Ali Imron Ayat 64 dalam Ajaran Islam

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
24 Januari 2024 17:20 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Tuliskan Dua Isi Pokok Alquran Surat Ali Imron Ayat 64. Sumber: Pexels/Michael Burrows
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tuliskan Dua Isi Pokok Alquran Surat Ali Imron Ayat 64. Sumber: Pexels/Michael Burrows
ADVERTISEMENT
Tuliskan dua isi pokok Alquran Surat Ali Imron ayat 64! Surat tersebut berisi tentang firman Allah Swt. agar manusia tidak menyekutukan-Nya. Selain itu, surat tersebut juga memuat makna cerminan sikap toleran.
ADVERTISEMENT
Kondisi tersebut membuat Surat Ali Imron ayat 64 termasuk ayat yang penting untuk dipelajari dan dipahami oleh setiap muslim. Tujuannya adalah agar seorang muslim memahami pentingnya taat kepada Allah Swt. dan bersikap toleran.

Tuliskan Dua Isi Pokok Alquran Surat Ali Imron Ayat 64!

Ilustrasi Tuliskan Dua Isi Pokok Alquran Surat Ali Imron Ayat 64. Sumber: Pexels/Alena Darmel
Tuliskan dua isi pokok Alquran Surat Ali Imron ayat 64! Guna menjawab instruksi tersebut, seorang muslim perlu mengetahui bunyi serta arti ayat tersebut.
Dikutip dari laman Qur’an Kemenag, quran.kemenag.go.id, berikut adalah bacaan Surat Ali Imron ayat 64 beserta artinya.
ADVERTISEMENT
Ayat tersebut mempunyai dua isi pokok yang meliputi tidak menyekutukan Allah Swt. dan bersikap toleransi. Berikut penjelasannya tentang dua isi pokok Surat Ali Imron ayat 64.

1. Tidak Menyekutukan Allah Swt.

Kesungguhan Nabi Muhammad saw. dalam mengajak orang-orang Yahudi dan Nasrani menerima ajaran Islam telah banyak dijelaskan dalam Alquran. Pada Surat Ali Imron ayat 64, perintah tersebut juga dikemukakan, tetapi dengan ungkapan yang berbeda.
Ungkapan tersebut lebih halus dan simpatik. Dikutip dari buku Tafsir Toleransi dalam Gerakan Islam di Indonesia, Rustandi (2022: 284), panggilan ‘ahl al-kitab’ adalah panggilan pujian bahwa orang-orang tersebut merupakan masyarakat yang menerima serta memiliki al-kitab.
Kemudian kalimat menunjuk kepada ajakan untuk menuju ketinggian, yaitu suatu kalimat yang tidak ada perselisihan pendapat antara ahl al-kitab dan kaum muslimin, yaitu untuk menyembah Allah dan tidak mempersekutukan-Nya. Wallahu a’lam bishawab.
ADVERTISEMENT

2. Bersikap Toleran

Ayat 64 dalam Surat Ali Imron juga memuat cermin sikap toleran, yakni tenggang rasa dalam menghadapi perbedaan. Islam selalu mengajarkan sikap santun dan diskusi untuk menghindari perpecahan.
Pada ajaran Islam, muslim tidak boleh mencari kesalahan atau kelemahan orang lain. Oleh karena itu, sikap menghargai sangat penting, tetapi dengan catatan jangan mengikuti cara ibadah keyakinan lain agar tidak menyekutukan Allah Swt.
Jadi, jawaban instruksi tuliskan dua isi pokok Alquran Surat Ali Imron ayat 64 adalah tidak menyekutukan Allah Swt. dan bersikap toleran. Jika ingin mempelajari secara lebih lanjut, sebaiknya belajar bersama ustaz atau guru agama Islam. Wallahu a’lam bishawab. (AA)
ADVERTISEMENT