News
·
19 Februari 2021 12:45

Editorial Atau Tajuk Rencana yang Ditulis Berdasar Sudut Pandang Redaksi

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Editorial Atau Tajuk Rencana yang Ditulis Berdasar Sudut Pandang Redaksi (83740)
Ilustrasi Editorial, sumber: Unsplash/NickMorrison
Editorial atau tajuk rencana yang ditulis berdasar sudut pandang redaksi memiliki arti bahwa satu artikel yang ditulis pada surat kabar berasal dari pandangan redaksi atau penulis dalam surat kabar tersebut.
ADVERTISEMENT
“Tajuk Rencana” atau “induk karangan” berfungsi sebagai mahkotanya karangan atau tulisan yang berisi ulasan, pemikiran, pandangan, surat kabar mengenai suatu fakta, kejadian atau opini yang berkembang dalam masyarakat. (Buku Willing Barus tahun 2010, Jurnalistik: Petunjuk Teknis Menulis Berita)

Editorial Atau Tajuk Rencana Ditulis Berdasar Sudut Pandang Redaksi

Editorial atau tajuk rencana ditulis berdasar sudut pandang redaksi terutama dalam penulisan non fiksi memiliki beberapa tujuan berikut ini:
  1. Menjelaskan berita: tajuk rencana memiliki fungsi untuk menjelaskan suatu kejadian yang sedang berlangsung beserta faktor dan solusinya. Kejadian yang ditulis ini merupakan kejadian yang dapat mempengaruhi kehidupan sosial ekonomi masyarakat.
  2. Menjelaskan latar belakang (feeling in background): tajuk rencana menjelaskan latar belakang sejarah, hubungan sebab akivat tentang suatu peristiwa penting dan juga menganalisis keterkaitan suatu peristiwa sekarang dengan masalah sebelumnya.
  3. Meramalkan masa depan (forecasting the future): tajuk rencana juga bertujuan untuk meramalkan sesuatu yang akan terjadi pada masa yang akan datang, yang lengkap dengan analisis yang melewati batas berbagai peristiwa yang sedang terjadi.
  4. Menyampaikan pertimbangan moral (passing moral judgment): tajuk rencana juga bertujuan untuk menyampaikan kepada pembaca tentang sesuatu yang benar dan salah. Penulis berjuang untuk sesuatu yang benar dan menyerang sesuatu yang dianggap salah. (Jurnalistik Dasar : Jurus Jitu Menulis Berita, Feature Biografi, Artikel Populer, dan Editorial, Muslimin, Khoirul, 2020).
ADVERTISEMENT
Tajuk rencana juga memiliki struktur sebagai berikut:
  1. Pernyataan pendapat (thesis statement), yang berisikan topik permasalahan yang dibahas
  2. Argumentasi, yang merupakan pendukung opini berupa fakta tentang topik yang diangkat
  3. Pernyataan ulang pendapat, yang berupa penegasan tentang pendapat yang telah diuraikan sebelumnya.
Demikian, semoga bermanfaat. (adelliarosa)