Konten dari Pengguna

Flowchart: Model Penulisan dan Perancangan Algoritma dengan Simbol Bangun Ruang

Berita Terkini
Penulis kumparan
28 Mei 2024 17:22 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Model Penulisan dan Perancangan Algoritma Menggunakan Simbol Bangun Ruang dalam Mempresentasikan Proses Program Disebut. Sumber: Pexels/Divinetechygirl
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Model Penulisan dan Perancangan Algoritma Menggunakan Simbol Bangun Ruang dalam Mempresentasikan Proses Program Disebut. Sumber: Pexels/Divinetechygirl
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Model penulisan dan perancangan algoritma menggunakan simbol bangun ruang dalam mempresentasikan proses program disebut metode flowchart. Istilah flowchart mungkin sudah tidak asing untuk sebagian orang. Terutama orang-orang yang sering membuat suatu program.
ADVERTISEMENT
Dengan menggunakan flowchart, maka proses berjalannya program akan lebih mudah untuk dimengerti. Flowchart terdiri dari beberapa jenis, misalnya flowchart dokumen dan program.

Penjelasan Model Penulisan dan Perancangan Algoritma Menggunakan Simbol Bangun Ruang dalam Mempresentasikan Proses Program Disebut Metode Flowchart

Ilustrasi Model Penulisan dan Perancangan Algoritma Menggunakan Simbol Bangun Ruang dalam Mempresentasikan Proses Program Disebut. Sumber: Pexels/Startup Stock Photos
Model penulisan dan perancangan algoritma menggunakan simbol bangun ruang dalam mempresentasikan proses program disebut metode flowchart. Dikutip dari buku Sistem Prediksi Penjualan dengan metode Single Exponential Smoothing dan Trend Parabolik, Ramadhani dan Ardhiansyah (2022), flowchart atau sering disebut dengan diagram alir merupakan suatu jenis diagram yang merepresentasikan algoritma atau langkah-langkah instruksi yang berurutan dalam sistem.
Fungsi utama flowchart adalah memberikan gambaran suatu proses. Sehingga alurnya dapat lebih mudah untuk dipahami oleh semua orang. Selain itu, flowchart memiliki sejumlah fungsi lainnya. Adapun fungsi dari flowchart sebagai berikut:
ADVERTISEMENT

Jenis-Jenis Flowchart

Ilustrasi Model Penulisan dan Perancangan Algoritma Menggunakan Simbol Bangun Ruang dalam Mempresentasikan Proses Program Disebut. Sumber: Pexels/RDNE
Flowchart terdiri dari beberapa jenis. Setiap jenis flowchart memiliki karakteristiknya masing-masing. Berikut jenis-jenis flowchart.

1. Flowchart Program

Jenis yang pertama adalah flowchart program. Flowchart ini digunakan untuk menggambarkan rincian prosedur dari program secara rinci. Flowchart program terbagi menjadi dua, yaitu flowchart program komputer terinci dan juga flowchart logika program.

2. Flowchart Dokumen

Jenis selanjutnya adalah flowchart dokumen. Flowchart dokumen juga dikenal sebagai paperwork flowchart. Flowchart jenis ini memiliki fungsi untuk menelusuri alur dari satu bagian ke bagian yang lainnya.

3. Flowchart Proses

Jenis ketiga adalah flowchart proses. Flowchart ini merupakan suatu cara penggambaran rekayasa industrial. Caranya adalah merinci serta menganalisis langkah selanjutnya dalam suatu sistem.
ADVERTISEMENT

4. Flowchart Skematik

Selanjutnya adalah flowchart skematik. Flowchart skematik menggunakan simbol dalam menggambarkan suatu alur.

5. Flowchart Sistem

Terakhir adalah flowchart sistem. Flowchart ini akan menampilkan proses kerja yang berlangsung dalam suatu sistem.
Model penulisan dan perancangan algoritma menggunakan simbol bangun ruang dalam mempresentasikan proses program disebut metode flowchart. Flowchart memiliki beragam jenis yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. (FAR)