Fungsi Lendir dan Silia pada Trakea Manusia

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
9 Februari 2023 17:41 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Apa fungsi lendir dan silia pada trakea. Sumber: unplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Apa fungsi lendir dan silia pada trakea. Sumber: unplash.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Trakea merupakan tabung panjang berbentuk U yang berfungsi untuk mengalirkan udara dari saluran pernapasan bagian atas ke bronkus. Begitu pula sebaliknya. Hal inilah yang membuat trakea menjadi salah satu bagian penting dalam sistem pernapasan manusia yang harus dijaga dengan baik. Lantas, apa fungsi lendir dan silia pada trakea manusia?
ADVERTISEMENT
Yuk, simak ulasan selengkapnya tentang trakea manusia dalam artikel di bawah ini.

Fungsi Lendir dan Silia pada Trakea Manusia

Apa fungsi lendir dan silia pada trakea. Sumber: unsplash.com
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa trakea merupakan bagian dari organ saluran pernapasan bawah manusia. Posisi trakea berada di bagian bawah laring atau kotak suara, sepanjang belakang tulang dada, serta di depan kerongkongan. Adapun trakea terdiri dari 16-20 cincin tulang yang rawan yang kuat, tetapi dengan karakteristik yang fleksibel.
Mengutip dari buku Seri Pendalaman Soal IPA SMP/MTs Kelas 7, 8, 9 karya Fitri Lianingsih (2020:243), fungsi lendir pada trakea adalah untuk melapisi setiap cincin tulang rawan trakea sehingga kerap disebut sebagai jaringan lembap atau mukosa.
ADVERTISEMENT
Sedangkan fungsi silia atau bulu halus adalah untuk membantu mendorong lendir yang mengandung partikel kotoran agar bisa keluar.

Fungsi Trakea pada Sistem Pernapasan Manusia

Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang fungsi trakea pada sistem pernapasan yang menarik untuk Anda ketahui.

1. Mengirim Udara ke Paru-Paru

Fungsi trakea bagi sistem pernapasan manusia yang pertama adalah untuk mengirim udara ke paru-paru. Tak hanya itu, trakea juga berperan untuk melembapkan dan menghangatkan udara yang masuk ke dalam paru-paru. Hal ini terjadi karena saluran pernapasan yang membawa udara dari trakea ke paru-paru adalah bronkus.

2. Menyaring Benda Asing

Trakea adalah organ pernapasan yang bisa melakukan banyak tugas secara bersamaan. Hal inilah yang membuat trakea juga berfungsi untuk menyaring partikel benda asing dan juga bakteri yang terhirup oleh manusia agar kondisi paru-paru tetap terjaga. Proses penyaringan ini dilakukan oleh silia atau rambut kecil yang melapisi trakea.
ADVERTISEMENT

3. Membantu Fungsi Sistem Pencernaan

Adanya cincin tulang rawan pada trakea dapat menciptakan ruang besar bagi kerongkongan untuk bisa mengembang. Bahkan bagian yang terasa lebih lembut juga dapat membuat kerongkongan mengembang sehingga Anda bisa lebih mudah ketika menelan makanan.
Itu dia informasi singkat tentang fungsi trakea pada sistem pernapasan manusia yang dapat Anda pahami. (Anne)