News
·
16 November 2020 14:21

Fungsi Pancasila dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Fungsi Pancasila dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari (289507)
Fungsi Pancasila. Foto: Kumparan
Fungsi Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia sebaiknya diketahui dan diamalkan dalam kehidupan sebagai warga negara Indonesia.
ADVERTISEMENT
Menjadi ideologi, artinya Pancasila merupakan dasar hukum dan falsafah kehidupan bangsa Indonesia yang dijadikan sumber hukum dan peraturan yang berlaku di Indonesia.
Apabila sudah mengetahui fungsi Pancasila, sebenarnya tidaklah sulit untuk bisa mengamalkannya dalam kegiatan yang dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Fungsi Pancasila dan Penerapannya dalam Kegiatan di Rumah

Keluarga adalah tempat yang paling tepat dan mudah untuk mulai bisa menerapkan fungsi Pancasila.
Tidak memerlukan hal-hal yang muluk-muluk, penerapan fungsi Pancasila secara sederhana bisa dilakukan dalam kegiatan sebagai berikut.
Toleransi Antar Umat Beragama
Penerapan fungsi Pancasila yang merupakan pengamalan dari sila pertama, ialah dengan caa memupuk rasa toleransi antar umat beragama, dan tidak memaksakan kepercayaan kepada umat lain.
ADVERTISEMENT
Bergotong Royong
Bergotong royong dan membantu sesama merupakan bentuk dari fungsi Pancasila yang menjadi jiwa warga negara Indonesia yang dikenal ramah dan berbudi pekerti yang baik.
Menghormati lambang negara
Pancasila berfungsi menjadi lambang negara yang keberadaannya haruslah dihormati, dan nilai-nilai didalamnya bisa dijadikan acuan dalam kehidupan.
Berkegiatan dalam organisasi dan kegiatan sosial
Aktif terlibat dalam organisasi dan berkegiatan sosial merupakan bentuk penerapan fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia, yang membedakannya dengan bangsa lain.
Kebersamaan dan kegotongroyongan merupakan warisa leluhur yang masih mengakar hingga kini.
Taat membayar pajak
Salah satu pengamalan fungsi Pancasila sebagai landasan hukum ialah dengan taat membayar pajak. Segala hukum dan peraturan yang berlaku di Indonesia bersumber dari Pancasila sehingga kita pun harus mematuhinya.
ADVERTISEMENT
Semoga bermanfaat! (Adelliarosa)