Tekno & Sains
·
4 Februari 2021 19:18

Fungsi Rumus Excel IF dan Contoh Sederhana Penggunaannya

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Fungsi Rumus Excel IF dan Contoh Sederhana Penggunaannya (207295)
Ilustrasi penggunaan rumus excel. Sumber: Microsoft.com
Rumus Excel IF umumnya dimanfaatkan untuk melakukan uji logika terhadap kumpulan data tertentu. Singkatnya, rumus satu ini digunakan dalam hal evaluasi nilai yang menyatakan hasil kebenaran (TRUE) ataupun ketidaksesuaian/nilai salah (FALSE).
ADVERTISEMENT
Saat menggunakan uji logika dengan rumus excel IF, umumnya kita juga perlu menggunakan pembanding dengan memasukan tanda sama dengan (=), lebih kecil (<), lebih besar (>) terhadap suatu data yang akan kita evaluasi.
Penggunaan rumus ini sendiri akan menjalankan fungsi pernyataan logika dengan pola kalimat “Jika (IF) – Maka”. Adapun secara sistematisnya, rumus excel IF ini akan menghasilkan contoh notasi berikut: =IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false]).

Contoh Penggunaan Sederhana dari Rumus Excel IF

Untuk mengetahui gambaran singkat tentang cara penggunaan rumus excel IF pada proses evaluasi data, kita bisa menyimak contoh atau ilustrasi sederhana berikut:
Saat seorang guru berencana membuat laporan data nilai siswa untuk mengetahui siapa saja yang lulus ataupun yang tidak lulus, guru tesebut bisa menggunakan rumus excel IF. Adapun syaratnya ialah kita harus mencantumkan syarat-syarat nilai yang dianggap lulus ataupun tidak lulus.
ADVERTISEMENT
Misalnya untuk dinyatakan lulus, seorang siswa harus menadapatkan nilai 75 sampai dengan 100. Sebaliknya jika nilai dibawah 75, maka mereka tidak lulus dalam mata pelajaran tersebut. Setelahnya, kita sebagai guru bisa langsung menuliskan rumus IF tadi dalam kolom excel.
Berdasarkan syarat yang sudah disebutkan tadi, maka rumus excel tersebut akan memiliki bentuk seperti ini: =IF(C2>=75,”Lulus”,”Tidak Lulus”) lalu klik enter agar bisa segera tampil data mana saja siswa yang lulus dan siswa yang tidak lulus. Rumus tadi sendiri berisi perintah untuk meluluskan siswa mana saja yang memiliki nilai lebih dari atau sama dengan 75.
Contoh penggunaan rumus excel IF di atas sendiri merupakan salah satu fungsi evaluasi atau uji logika berdasarkan nilai tunggal dari sebuah data ya! Semoga ulasan tentang penggunaan rumus pada software Microsoft Excel tadi dapat dipahami dengan baik. (HAI)
ADVERTISEMENT

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white