Tekno & Sains
·
2 Februari 2021 19:13

Fungsi Rumus Excel Lengkap Bagi Pemula

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Fungsi Rumus Excel Lengkap Bagi Pemula (101752)
Logo Microsoft Excel. Sunber: myexcel
Excel merupakan aplikasi pengolah data dari kelompok Microsoft Office yang bisa digunakan untuk memudahkan kita saat membuat laporan pembukuan. Misalnya saja dapat digunakan untuk memudahkan kita membuat tabel besar, memudahkan membuat urutan dan hitungan cepat secara otomatis.
ADVERTISEMENT
Sayangnya masih banyak orang yang belum memahami fungsi rumus excel dan menganggap aplikasi satu ini cukup sulit untuk dioperasikan. Padahal jika kita sudah bisa memahami bagaimana penggunaan rumusnya, maka pengerjaan laporan kita bisa semakin mudah dan relatif cepat selesai lho!

Rumus Excel Lengkap dan Fungsinya Untuk Pemula

Jika kamu merupakan pengguna pemula yang ingin memanfaatkan aplikasi ini saat membuat laporan khususnya dalam perhitungan, yuk simak rumus excel lengkap yang biasa digunakan banyak orang beserta fungsinya untuk membantu pekerjaan kita!
SUM
SUM merupakan rumus excel yang sering digunakan untuk menjumlahkan data secara otomatis. Caranya sendiri ialah dengan cara mengetik tanda sama dengan diikuti kata SUM lalu pilih atau blok semua kotak data yang ingin kamu jumlahkan dan tekan enter. Contoh =SUM(A7:H8) maka selurih data yang berada di kolom A7 sampai H8 akan menjumlahkan secara otomatis.
ADVERTISEMENT
SUM Perkalian
Untuk menghitung perkalian data dari kolom excel, kita bisa memanfaatkan rumus sum. Bedanya, pada perkalian ini notasi rumus ditulis dengan contoh =SUM(D2*E3). Meski sekilas sama dengan sebelumnya, namun perkalian ini memiliki perbedaan dengan tanda "*" sebagai fungsi perkalian.
AVERAGE
Average digunakan untuk mencari nilai rata-rata secara otomatis. Sama seperti contoh penulisan rumus sum tadi, rumus average ditulis dengan notasi =AVERAGE(D12:G12). Untuk menentukan nilai yang dirata-rata, kamu bisa memblok kotak atau kolom yang perlu untuk dihitung lalu tekan enter.
Disamping rumus perhitungan tadi, adapula rumus lain yang bisa kamu gunakan untuk berbagai fungsi tertentu sebagai berikut:
AND: mencari nilai dengan perbandingan "dan"
NOT: mencari nilai dengan pengecualian
OR: mencari nilai perbandingan "atau"
ADVERTISEMENT
HLOOKUP: mencari data dengan format horizontal atau mendatar
VLOOKUP: mencari data dengan format vertikal
LOWER: mengubah huruf menjadi huruf kecil
UPPER: mengubah huruf penjadi huruf kapital seluruhnya
PROPPER: mengubah awalan huruf menjadi huruf kapital
Itulah beberapa fungsi rumus excel lengkap yang perlu dipahami pemula. Cobalah untuk terus berlatih memanfaatkan rumus-rumua tersebut agar semakin pandai mengoperasikan Microsoft Excel. Semoga bermanfaat ya! (HAI)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white