Bisnis
·
22 Juli 2021 18:09
·
waktu baca 1 menit

Fungsi Surat Keterangan Domisili Usaha dan Cara Membuatnya

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Fungsi Surat Keterangan Domisili Usaha dan Cara Membuatnya (79515)
searchPerbesar
Membuat surat keterangan domisili usaha. Foto: dok. https://unsplash.com/
Membuat surat keterangan domisili usaha merupakan hal penting yang perlu dilakukan bagi pemilik usaha. Bagi Anda yang perlu membuatnya untuk keperluan perusahaan dan kelengkapan dokumen perusahaan Anda, berikut ini adalah pemaparan mengenai apa itu surat keterangan domisili usaha lengkap dengan fungsi dan tata cara membuatnya untuk Anda jadikan panduan.
ADVERTISEMENT

Fungsi Surat Keterangan Domisili Usaha dan Cara Mengurusnya

Surat keterangan domisili banyak kita kenal sebagai salah satu dokumen pribadi yang menyangkut pernyataan bahwa seseorang berdomisili di suatu daerah. Namun rupanya surat keterangan domisili ini juga dapat dibuat untuk menyatakan suatu badan usaha telah berjalan dan melakukan usahanya di suatu daerah domisili yang disebutkan dalam surat keterangan.
Pemaparan mengenai fungsi pembuatan surat keterangan domisili usaha ini juga disebutkan dalam buku berjudul Legal Officer yang disusun oleh Jimmy Joses Sembiring, S.H, M.Hum, ‎Agung Sugiarto (2009:9) menyebutkan bahwa surat keterangan domisili perusahaan merupakan surat keterangan mengenai tempat suatu kegiatan usaha dijalankan atau berkedudukan, sehingga dapat ditentukan wilayah hukum dari perusahaan tersebut.
Fungsi Surat Keterangan Domisili Usaha dan Cara Membuatnya (79516)
searchPerbesar
Membuat surat keterangan domisili usaha. Foto: dok. https://unsplash.com/
Surat keterangan resmi yang dikeluarkan oleh Kelurahan dan/atau Kecamatan setempat ini dapat dibuat dengan mudah. Berikut ini adalah cara membuat atau mengurus surat keterangan domisili usaha:
ADVERTISEMENT
  • Pemohon mengisi formulir permohonan surat keterangan domisili usaha dan menyerahkan semua dokumen persyaratan di kantor kelurahan setempat.
  • Setelah dokumen diserahkan pada pihak yang berwenang, tunggu hingga status dokumen Anda lengkap setelah kelengkapan dokumen diperiksa petugas kelurahan
  • Jika dokumen sudah dinyatakan lengkap, pemohon tinggal menunggu dokumen SKDU yang dikeluarkan oleh kantor kelurahan dan/atau kecamatan.
Surat keterangan ini tentu memiliki masa berlaku, yaitu selama satu tahun dan dapat diperbaharui jika diperlukan. Jangan lupa untuk segera membuat surat keterangan domisili usaha agar legalitas usaha Anda dapat terjamin dan terbebas dari segala macam hambatan yang mengganggu kegiatan usaha Anda.
Dengan mengetahui apa saja fungsi surat keterangan domisili usaha dan juga tata cara membuatnya dapat Anda jadikan sebagai panduan untuk mengurus surat keterangan domisili usaha Anda. Semoga bermanfaat! (DAP)
ADVERTISEMENT