Fungsi Tulang Pergelangan Kaki dan Jenis Cederanya

Konten dari Pengguna
25 November 2022 21:19
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Fungsi Tulang Pergelangan Kaki, Foto Unsplash Anne Nygard
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Fungsi Tulang Pergelangan Kaki, Foto Unsplash Anne Nygard
ADVERTISEMENT
Di sekolah dulu kita sudah diajarkan bahwa tubuh kita tersusun dari tulang. Saat kita lahir, kita akan memiliki sekitar 300 tulang dan tulang rawan. Namun seiring berjalannya waktu, sebagian tulang-tulang tersebut melebur hingga membentuk 206 tulang ketika kita dewasa. 206 tulang tersebut pun memiliki berat 15 persen dari total berat kita.
ADVERTISEMENT
Salah satu tulang dalam tubuh kita adalah tulang pergelangan kaki. Tulang pergelangan kaki disusun oleh tulang kering atau fibula, tulang betis atau fibia, dan tulang talus. Mari simak ulasannya lebih lanjut di bawah ini sekaligus untuk mengetahui fungsi tulang pergelangan kaki dan cederanya.

Mengenal Tulang Pergelangan Kaki

Di atas kita sudah menyinggung bahwa tulang pergelangan kaki disusun oleh tiga jenis tulang berbeda. Tulang-tulang tersusun agar bagian bawah tubuh kita bisa bergerak. Hal ini seperti yang dikutip pada buku Seri IPA Biologi SMP Kelas VII oleh Deswaty Furqonita, S. Si., M. Biomed (2007:58), bahwa salah satu penyusun anggota gerak bawah kanan dan kiri aalah 7 buah tulang pergelangan kaki.
Fungsi tulang pergelangan kaki yang utama adalah agar kaki bisa bergerak bebas, baik ke bawah, atas, dalam, atau luar. Selain itu ada fungsi lain dari tulang tersebut, yakni untuk mendukung tubuh agar stabil saat bergerak serta menopang berat tubuh.
ADVERTISEMENT
Ilustrasi Fungsi Tulang Pergelangan Kaki, Foto Unsplash Nino Liverani
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Fungsi Tulang Pergelangan Kaki, Foto Unsplash Nino Liverani

Cedera atau Penyakit pada Tulang Pergelangan Kaki

Sayangnya, tidak selamanya tulang pergelangan kaki bisa berfungsi dengan baik akibat mengalami cedera atau penyakit tertentu. Berikut di antaranya:

1. Keseleo

Keseleo adalah cedera paling umum yang dialami tulang pergelangan kaki karena rusaknya jaringan di sekitar tulang, seperti ligamen.

2. Patah

Ada beragam kondisi ketika tulang pergelangan kaki patah, mulai dari keretakan di area tulang hingga patah sepenuhnya dan merobekkulit (patah tulang terbuka).

3. Rheumatoid arthritis

Penyakit yang juga sering disebut sebagai rematik ini sering dialami oleh orang lanjut usia. Gejalanya ialah nyeri, sendi bengkak, kemerahan, dan bentuk sendi bisa berubah.

4. Septic arthritis

Penyakit ini timbul karena infeksi kuman di bagian persambungan antartulang. Gejalanya ialah sakit pada sendi, demam, bengkak, dan kesulitan dalam menggerakkan pergelangan kaki.
ADVERTISEMENT

5. Gout arthritis

Penyakit ini sering disebut sebagai asam urat karena merupakan peradangan sendi akibat tertumpuknya kristal asam urat.
Demikian fungsi dari tulang pergelangan kaki serta cedera atau penyakit yang dapat diderita. Cobalah untuk berolahraga dan makan makanan bergizi untuk menjaga kesehatan tulang, termasuk tulang pergelangan kaki. (LOV)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·